PEREMPUAN BERWIRAUSAHA; ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA KEWIRAUSAHAAN DI DKI JAKARTA

Siti Mahmudah, M. As'ari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu 1). Menggambarkan kondisi orientasi kewirausahaan terhadap motivasi dan kinerja kewirausahaan Perempuan Berwirausaha di DKI Jakarta. 2) Menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap motivasi dan kinerja kewirausahaan Perempuan Berwirausaha di DKI Jakarta. Metode penelitian ini yaitu dengan metode survei. Jenis penelitiannya dengan kualitatif dan kuantitatif, pengujian instrumen dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homoskedastisitas, dan multikolinieritas. Populasi dalam penelitian ini adalah perempuan berwirausaha di DKI Jakarta dan sampel penelitiannya yaitu 150 orang dengan teknik insidental sampling. Metode analisis data dengan statistik dibantu pengolahannya dengan Program

Hasil penelitian yaitu 1) Variabel laten Locus Of Control menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel Locus Of Control terhadap Motivasi dan Kinerja Kewirausahaan adalah -0,041 dan 0,32. 2) Variabel laten Berani Risiko menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel Berani Risiko terhadap Motivasi dan Kinerja Kewirausahaan sebesar 0,42 dan 0,21. 3) Variabel laten Inovasi menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel Inovasi terhadap Motivasi dan Kinerja Kewirausahaan sebesar – 0,041 dan 0,63. 4) Variabel laten Proaktif menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel Proaktif terhadap Motivasi dan Kinerja Kewirausahaan sebesar  0,41 dan -0,41. 5) Variabel laten Motivasi menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel Motivasi terhadap Kinerja Kewirausahaan sebesar -0,46.

 

Key words:

Orientasi Kewirausahaan, Motivasi dan Kinerja Kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Anderson, Alistair., El Harbi, Sana dan Brahem, Meriam. 2013. Enacting Entrepreneurship in ‘Informal’ Business. Entrepreneurship and Innovation Vol. 14 No.3 pp 137-149.

Charan, R., & Lafley, A. G. 2008. The Game Changer: How you can drive revenue and profit growth with innovation. New York, New York: Crown Publishing Group, a division of Random House, Inc. ISBN 978-0-307-38173-6.

Dooley, L., & O’Sullivan, D. 2001. Structuring innovation: A conceptual model and implementation methodology. Enterprise and Innovation Management Studies, 2(3), 177-194.

Harefa, Andrias, 2007, “Inovasi-Kewirausahaan: Kecerdasan Emosi Wirausahaâ€. (www.pembelajar.com.) Diakses tanggal 15 Pebruari 2007

Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 2003, Manajemen Strategis, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kamberidou, I. 2013. Women entrepreneurs: we cannot have change unless we have men in the room. Journal of Innovation and Entrepreneurship.

Prahalad, C. K., & Ramaswamy, V. 2003, Summer. The New Frontier of Experience Innovation [Electronic version]. MIT Sloan Management Review. Reprint 4442.

Singh, Ranbir & Raghuvanshi, Nisha 2012. Women entrepreneurship issues, challenges and empowerment through self help groups: An overview of Himachal Pradesh. International Journal of Management Research and Review. 2(1)1,Article No-8/77-90 Issn: 2249-7196.

Stewart, W. H., & Roth, P. L. 2001. Risk propensity differences between entrepreneurs and managers: A meta-analytic review. Journal of Applied Psychology, 86(1), 145-153.

Stewart, W. H., & Roth, P. L. 2004a. Data-quality affects meta-analytic conclusions: A response to Miner and Raju (2004) concerning entrepreneurial risk propensity.Journal of Applied Psychology, 89(1), 14-21.

Steinhoff, Dan. & John F. Burgess. 1993. Small Business Management Fundamentals. New York-USA. McGraw-Hill, Inc.

Sugidarma, I Putu. (2004). “Analisis Tipe Strategi Industri Kecil Dan Menengah Di Kawasan Sarbagita Baliâ€. Thesis. Malang: Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v18i1.37

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA