PENGARUH KEPUASAN NASABAH DAN MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT ASURANSI JIWA MANULIFE INDONESIA

Ayu Annisa, Rasipan Rasipan

Abstract


Keputusan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh veriabel kepuasan nasabah dan media iklan. Sejalan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari variabel kepuasan nasabah dan media iklan terhadap keputusan konsumen.Penelitian ini dilakukan pada PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang menggunakan asuransi. Sedangkan waktu penelitian yang dijadwalkan hingga rampung hasil penelitian ini diperkirakan kurang lebih tiga bulan dimulain dari bulan November 2015 sampai dengan bulan Januari tahun 2016. Populasi yang diambil adalah jumlah dari pengguna PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) tahun 2015 yakni sebesar 20.966. dimana dengan menggunakan slovin dengan didapat 100 konsumen.

Pada uji kebaikan model menujukkan variabel pada penelitian ini dikatakan mendekati baik dengan dilihat Kisarannilai R adalah 0 hingga 1. Semakinnilai R mendekatiangka 1, makasemakinkuatvariabel-variabelbebasmemprediksikanvariabelterikat.Namun, ketepatannilai R inilebihdisempurnakanolehkolom Adjusted R Square yang merupakankoreksiatasnilai R, nilai R = 0.349 artinya mendekati satu dan dapat dikatakan baik serta signifikan. Selanjutnya diliat dari tabel anova untuk mengetahui secara keseluruhan variabel penelitian untuk peningkatan keputusan konsumen pada penggunaan jasa asuransi pada Manulife.persamaan regresi yang terbentuk dari hasil tersebut adalah :Y = 1.435 + 0,347 X1 + 0,588 X2.

Adapun uji hipotesis menggunakan uji t dengan hasil  variabel kepuasan konsumenterhadap keputusan konsumen diperoleh nilai sig. 0.004< 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel media iklanterhadap keputusan konsumen diperoleh nilai sig. 0.000< 0,05sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Key words:

Kepuasan Nasabah, Media Iklan, Dan Keputusan Pembelian Konsumen


Full Text:

PDF

References


Amirullah 2002, Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Graha Ilmu, Jakarta Angger P. Kompas 1 Mei 2003.

Sri Rejeki Hartono, 1992. HukumAsuransi Dan Perusahaan suransi. Jakarta: SinarGrafika.

Engel, et all. 2000. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid I. Binarupa Aksara, Jakarta

Ferrinadewi Ema, 2008, Merek & Psikologi Konsumen, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakart

Firdaus, Muhammad, 2008, Manajemen Agribisnis, cetakan pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Ghosali Iman, 2006, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Badan Penerbit : Universitas Diponegoro, Jakarta

Junaidi Chaniago,2008. Transformasi Data Ordinal Ke Interval dengan Exel kasus kategori Tidak Terisi. Junaidi FE-UNJA, (online). (http://junaidichaniago.wordpress.com, diakses 4 Mei 2012)

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. PT. Prenhallindo, Jakarta

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Administrasi, dilengkapi dengan Metode R&D, edisi revisi cetakan ketujuhbelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Subagyo Ahmad, 2010, Marketing In Business, Studi Kasus UMK & LKM, edisi pertama, Penerbit: Mitra Wacana Media, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v18i1.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA