STUDI KOMPARASI PROFITABILITAS PERUSAHAAN BERDASAR ASET

Budiharto Budiharto, Meli Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kemampulabaan (Return On Asset, Return On Equity, Gross Profit Margin, Operational Profit Margin, dan Net Profit Margin) perusahaan sub sektor property di Bursa Efek Indonesia berdasar aset.

 Penelitian dilakukan terhadap perusahaan sub sektor Property di BEI. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria telah berdiri lebih dari 5 tahun, mamiliki laporan keuangan audit lengkap tahun 2011 dan 2012 sehingga diperoleh 10 perusahaan sebagai sampel penelitian. Perusahaan dibedakan berdasr aset dimana perusahaan dengan aset kurang dari 10 trilyun dianggap sebagai perusahaan skala kecil/aset kecil dan perusahaan dengan aset lebih dari 10 trilyun dikategorikan sebagai perusahaan skala besar. Uji komparasi dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20 menggunakan alat analisis Compare Means - Independent Sample T Test.

Penelitian menghasilkan temuan bahwa kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atas modal (ROE), laba kotor (GPM), dan laba bersih (NPM) antara perusahaan besar dan kecil tidak berbeda meskipun secara rata masih lebih tinggi perusahaan dengan aset yang besar. Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atas aset (ROA) dan laba operasi (OPM) berbeda secara signifikan dimana perusahaan dengan aset kecil memiliki profitabilitas lebih baik dibanding perusahaan dengan aset yang besar.

 

Kata kunci:

Profitabilitas, Return on Aset, Return on Equity, Gross Profit Margin, Operational Profit Margin, Net Profit Mrgin

Full Text:

PDF

References


Adi, Angantyo, Darminto dan Atmanto, Dwi. 2013. Pengaruh Return On Equity, Debt To Equity Ratio, Earning Per Share Dan Book Value Per Share Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Consumer Goods Industry yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2008 – 2011). Jurnal Universitas Brawijaya, Malang.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanum, Zulia. 2015. Pengaruh Return On Asset (ROE), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Perusahaan Otomotif Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

James C. Van Horne dan John M. Wachowichz. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Edisi Keduabelas, Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Madura, Jeff. 2003. Keuangan Perusahaan Internasional, Edisi Kedelapan. Jakarta : Salemba Empat.

Martono dan Harjito 2007. Manajemen Keuangan, Yogyakarta: Penerbit Ekonisia.

Munawir, S. 2005. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Rescyana Putri Hutami. 2012. Pengaruh Dividend Per Share, Return On Equity dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaaan Industri Manufaktur yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Jurnal Nominal. Vol.1 No.1 Universitas Negeri Yogyakarta.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat, Cetakan ke sepuluh, Yogyakarta : Penerbit BPFE..

Santoso, Singgih, 2010. Buku Latihan SPSS, Edisi Kedua. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v18i1.33

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA