PEREMPUAN BERWIRAUSAHA: INOVASI, PENGAKUAN KEMAMPUAN PELUANG DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI DKI JAKARTA

Siti Mahmudah, Muhamad Asari

Abstract


The purpose of this study was to determine the influence of existing variables, namely Innovation, Recognition of Opportunity Ability and Market Orientation on Marketing Performance of DKI Jakarta's MSMEs. The study population was women entrepreneurs in DKI Jakarta. The research sample of 200 female entrepreneurs. The study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis. The results of the study prove that Innovation, Recognition of Opportunity Capabilities and Market Orientation affect Marketing Performance.

Keywords: Entrepreneurial Women, Marketing Performance.


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada yaitu Inovasi, Pengakuan Kemampuan Peluang dan Orientasi Pasar dalam mempengaruhi Kinerja Pemasaran di UMKM DKI Jakarta. Populasi penelitian adalah wirausaha perempuan di DKI Jakarta. Sample penelitian sebanyak 200 orang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi, Pengakuan Kemampuan Peluang dan Orientasi Pasar berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran.
Kata Kunci: Perempuan Berwirausaha, Inovasi, Pengakuan Kemampuan Peluang, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran

References


Ben Pam, W. (2013). Opportunity Recognition and Business Idea Generation as a Foundation for Entrepreneurial Businesses in Central Nigeria. International Journal of Business and Social Science, Vol. 4, No. 17, Special Issue-December)

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel, (2002). Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta

De Carolis, D. M., & Saparito, P. (2006). Social capital, cognition, and entrepreneurial opportunities: A theoretical framework. Entrepreneurship Theory and Practice, 30(1), 41-56.

Lumpkin, G.T., & Dess, G.G. (2001). Linking two dimensions of entrepreneurial orientation to firm performance: The moderating role of environment and industry life cycle. Journal of Business Venturing, 16(5), 429–451.

Mahmudah, Siti, (2017), Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Modal Sosial Pengaruhnya terhadap Minat Berwirausaha dan Dampaknya pada Kinerja Kewirausahaan Mahasiswa Yang Tergabung dalam Inkubator Kewirausahaan STIE IPWIJA, Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan LPPM Universitas lndraprasta PGRI, 29 Juli 2017

ISBN : 978-602-50181-0-7

Narver J.C.,Slater S.F. (1990). The effect of a market orientation on business profitability. The Journal of Marketing; 20-35.

Phan, P., Wright, M., Ucbasaran, D., & Tan, W. L. (2009). Corporate entrepreneurship: Current research and future directions. Journal of Business Venturing, 24(3), 197-205. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2009.01.007

Sarwono, Sarlito Wirawan, (2012). Psikologi Remaja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Shane, S. (2003). A general theory of entrepreneurship: The individual-opportunity nexus. UK: Edward Elgar.

Sismanto, A, 2006, Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas.

Wahyono, (2002). ”Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran” (Studi kasus pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol I, No 1 Program Magister Manajemen. Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v21i2.326

Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA