PEREMPUAN BERWIRAUSAHA: INOVASI, PENGAKUAN KEMAMPUAN PELUANG DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI DKI JAKARTA
Abstract
Keywords: Entrepreneurial Women, Marketing Performance.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada yaitu Inovasi, Pengakuan Kemampuan Peluang dan Orientasi Pasar dalam mempengaruhi Kinerja Pemasaran di UMKM DKI Jakarta. Populasi penelitian adalah wirausaha perempuan di DKI Jakarta. Sample penelitian sebanyak 200 orang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi, Pengakuan Kemampuan Peluang dan Orientasi Pasar berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran.
Kata Kunci: Perempuan Berwirausaha, Inovasi, Pengakuan Kemampuan Peluang, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ben Pam, W. (2013). Opportunity Recognition and Business Idea Generation as a Foundation for Entrepreneurial Businesses in Central Nigeria. International Journal of Business and Social Science, Vol. 4, No. 17, Special Issue-December)
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel, (2002). Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta
De Carolis, D. M., & Saparito, P. (2006). Social capital, cognition, and entrepreneurial opportunities: A theoretical framework. Entrepreneurship Theory and Practice, 30(1), 41-56.
Lumpkin, G.T., & Dess, G.G. (2001). Linking two dimensions of entrepreneurial orientation to firm performance: The moderating role of environment and industry life cycle. Journal of Business Venturing, 16(5), 429–451.
Mahmudah, Siti, (2017), Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Modal Sosial Pengaruhnya terhadap Minat Berwirausaha dan Dampaknya pada Kinerja Kewirausahaan Mahasiswa Yang Tergabung dalam Inkubator Kewirausahaan STIE IPWIJA, Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan LPPM Universitas lndraprasta PGRI, 29 Juli 2017
ISBN : 978-602-50181-0-7
Narver J.C.,Slater S.F. (1990). The effect of a market orientation on business profitability. The Journal of Marketing; 20-35.
Phan, P., Wright, M., Ucbasaran, D., & Tan, W. L. (2009). Corporate entrepreneurship: Current research and future directions. Journal of Business Venturing, 24(3), 197-205. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2009.01.007
Sarwono, Sarlito Wirawan, (2012). Psikologi Remaja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Shane, S. (2003). A general theory of entrepreneurship: The individual-opportunity nexus. UK: Edward Elgar.
Sismanto, A, 2006, Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas.
Wahyono, (2002). â€Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran†(Studi kasus pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol I, No 1 Program Magister Manajemen. Universitas Diponegoro.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v21i2.326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta