PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK

Muh Ali Maskuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank.

Penelitian dilakukan pada nasabah Bank wilayah Jakarta Timur dengan mengambil 100 nasabah sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesionar kepada responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji_T.

Penelitian menghasilkan model persamaan linear ganda Y = 2,906 + 0,431X1 + 0,439X2. Model tersebut memenuhi kelayakan model karena kualitas pelayanan dan promosi mampu menjelaskan 80,4% kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan arah positif, sebesar b1 = 0,431,  artinya semakin tinggi kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula kepuasan nasabah bank. promosi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan arah positif sebesar b2 = 0,439, artinya semakin tinggi promosi maka semakin tinggi pula kepuasan nasabah bank.

 

Kata kunci:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Craven, D.W. 2002. Pemasaran Strategis, (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gerson, R., 2001, Mengukur Kepuasan Pelanggan: Panduan Menciptakan Pelayanan Bermutu, Penerbit PPM, Jakarta, 3

Herry Widagdo, (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan PromosiTerhadap Keputusan Konsumen Membeli KomputerPada PT. XYZ Palembang. Jurnal Ilmiah STIE MDP (Forum Bisnis Dan Kewirausahaan). Vol 1. No 1

Hair et al., (1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New Jersy.

Irawan, Handi. (2004). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jajaee dan Ahmad (2012), Evaluating The Relationship Between Service And Customer Satisfaction In The Australian Car Insurance Industry.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid II, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, jilid 1 Jakarta Erlangga.

Kotler, Philip, 2000, Marketing Manajemen. Edisi Melenium, Prentice Hall Intl, Inc Nem Jersey

Kotler, P. Dan keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas Jilid 1. Edisi Bahasa Inggris. Pearson Education. Inc. Upper SaddlerRiver, New Jarsey, 07458, Edsis Bahasa Indonesia, pada PT. Indeks

Kotler, Philip, 2000, Marketing Manajemen . Edisi Melenium, Prentice Hall Intl, Inc Nem Jersey

Nasution (2004). Manajemen Transportasi, Bogor Ghalia Indonesia

Philip Kotler. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 2 / Philip Kotler, Kevin Lane Keller; Pengalihan bahasa: Benyamin Molan: Jakarta, Indeks

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Lupiyoadi, Rambat.2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i3.263

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA