KEUNGGULAN BERSAING UKM YANG DIPENGARUHI OLEH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK

Taufik Alwi, Esti Handayani

Abstract


Keberlangsungan bisnis di sektor UKM tidak terlepas dari strategi yang berorientasi pasar dan inovasi produk guna meraih keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, melibatkan 35 orang sampel penelitian secara purposive non random sampling yang difokuskan pada restoran/kafe yang mengusung tagline cita rasa mancanegara di Jalan Margonda Raya Kota Depok. Alat analisis yang digunakan berupa uji asumsi klasik, uji validitas dan reliabilitas, uji korelasi parsial dan berganda, uji regresi, uji t dan uji ANOVA.

      Penelitian menemukan bahwa orientasi pasar dan inovasi produk berkontribusi pengaruh terhadap keunggulan bersaing sebesar 85,3%. Model persamaan regresi linear berganda, Y = 13,702 + 0,542 X1 + 0,314 X2.  Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar perpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, demikian pula variabel inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Bagi pelaku bisnis UKM sangat perlu untuk memberikan atensi dalam mendesain strategi peningkatan keunggulan bersaing melalui penekanan pada strategi yang berorientasi pasar dan inovasi produk.

 

Kata kunci:

Orientasi pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing, UKM

Full Text:

PDF

References


Andrew, J., J. Manget, D. Michael, A. Taylor, and H. Zablit. 2010. Innovation 2010. BCG Report.

Barney,J.B. 2010. Gaining and Sustaining Competitive Advantage, Fourth Edition. Addison-Wesley, Massachusetts.

Chen Y.S., Chang K.C, 2013, The nonlinear effect of green innovation on the corporate competitive advantage, Qual Quant (2013) 47:271–286, DOI 10.1007/s11135-011-9518-x

Crawford, C. Merle; Di Benedetto, C. Anthony. 2000. New Products Management, Sixth Edition. McGraw-Hill, New York.

Dalimunthe, M, B, 2017, Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk, Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol 3 No. 1, hal 18-31

Damanpour, F. 1991. Organizational Innovation: A Meta Analysis of Effect of Determinants and Moderators. Academy of Management Journal, 34(3): 555-590.

Djodjobo, Cynthia. V, dan Tawas H.N., 2014, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado, Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1214-1224

Han, Jin K, Narnwoon Kim, and Rajenbdra K Srivastava, 1998, Market Orientation an Organization Performance: Is Innovation Missing Link?, Journal of Marketing, p. 42 - 54

Homburg C, Pflesser CA. Multiple-layer model of market-oriented organizational culture: measurement issues and performance outcomes. Journal of Marketing Research, 2000; 37 (4):449–62

Kotler, P., Armstrong, G., Ang,G.H., Leong, S.M., Tan, C.T., dan Tse, D.K. 2005. Principles of Marketing: An Asian Perspective. Pearson Prentice Hall, Singapore.

Kumar, V., Jones, E., Venkatesan, R., & Leone, R. P. (2011). Is Market Orientation a Source of Sustainable Competitive Advantage or Simply the Cost of Competing? Journal of Marketing, 75(1), 16–30.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga

McDaniel, B.A. 2002, Entrepreneurship and Innovation: An Economic Approach. M.E.Sharpe,Inc, New York.

Meehan SA. What do We Really Know About Market Orientation? Business Strategy Rev 1996;7(1):47–53.

Morissan. 2014. Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta,

Narver, J. C., and Slater , S. F., 1995, Market Orientation and The Learning Organization, Journal of Marketing. p.63 – 74.

Porter, Michael E. 2008, Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing). Tangerang, Karisma Publishing Group.

Sekaran U, Roger Bougie, 2013, Research Method for Business, a Skill Building Approach, 6th Edition, John Wiley & Sons Ltd, UK

Talaja, Anita; MioÄević, Dario; Alfirević, NikÅ¡a; PaviÄić, Jurica., 2017, Market Orientation, Competitive Advantage And Business Performance: Exploring The Indirect Effects, Drustvena Istrazivanja; Zagreb Vol. 26, Iss. 4, p. 583-604.

Urbancova, H., 2013, Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge, Journal of Competitiveness, ISSN 1804-171X, Vol.5, No.1. p.82-96.

Wedel M, Kamakura WA. Market Segmentation: Conceptual and Methodological Foundations. 2nd ed. Norwell: Kluwer Academic Publishers; 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA