BAURAN PEMASARAN JASA DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA JASA HOTEL DI DEPOK
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik terhadap kepuasan pengguna jasa hotel di Depok.
Pengumpulan data dilakukan langsung dengan mengajukan kuesioner kepada para tamu hotel di kota Depok. Santika Premiere Jakarta. Sample yang dipilih adalah sebanyak 100 tamu hotel sebagai responden yang diambil secara acak.
Hasil penelitian menghasilkan model yang layak untuk menjelaskan pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan. Model penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik mampu menjelaskan 65,5% variasi kepuasan. Hanya variable Produk dan Promosi yang berpengaruh terhadap kepuasan sementara Harga, Lokasi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik tidak berpengaruh terhadap Kepuasan.
Â
Kata kunci:
Bauran pemasaran jasa, Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Orang, Proses, Bukti fisik, KepuasanFull Text:
PDFReferences
Berlian Aminanti Suraya Putri. 2012. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Busana Muslim Dannis Collection Pati)“. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang
Faizul, Ahmad. 2008. Pengauh Strategi Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Pelanggan Plaza Medan Fair di Medan. Tesis. Magister Ilmu Manajemen. Universitas Sumatera Utara Medan
Husein, Umar. (2005). Riset pemasaran dan Perilaku komsumen. Cetakan Keempat. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler, P.; Keller, KL. (2012). Marketing Management. 14th Edition. Pearson Education, New York
Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Mulyanto, H.; Wulandari A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. CV Agung, Semarang.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus, Integrated Marketing Communication. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rezeki, Sri. (2008). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Ibbi Medan.
Tjiptono F., (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Andi Publisher, Cetakan Kedua, ANDI, Yogyakarta.
Zeithaml, V.A. ; M.J. Bitner. (2001). Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm. International Edition. McGraw-Hill, United Statedof America
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i2.255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta