PENGARUH MINAT BERWIRAUSAHA DAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Eswanto Sugeng Rahayu, Siti Laela

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Kewirausahaan pada Mahasiswa.

Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Mahasiswa STIE IPWIJA Kampus Cikeas di Bogor  pada tahun Ajaran semester genap 2017/2018 dengan jumlah populasi 448. Jumlah sampel diambil dengan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 84. Data dalam penelitian ini diolah dengan analisis regresi untuk memperoleh tujuan dari penelitian.

Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh minat berwirausaha terhadap kewirausahaan pada Mahasiswa. Ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap kewirausahaan pada Mahasiswa.

 

Kata kunci:

Minat Berwirausaha, Penggunaan Sosial Media dan Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


A. Khoerussalim Ikhs, Action ! For One Family One Entrepreneur, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013)

Alma, B. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta. 2011.

Belch, G. E., & Belch, M. A., Advertising and Promotions: An Integrated Marketing Communication Perspective. 7th edition. New York: McGraw-Hill. (2012)

Bygrave, W. D. The Portable MBA Entrepreneurship. Jakarta: Binarupa Aksara. 2003.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Heri Erlangga, Semangat Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (The Spirit Of Entrepreneurship), ( Dinas Pendidikan Provinsi Banten, 2011)

Hermawan,Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta:Erlangga. 2012.

Hilgard, E.R. & Bowers, G. Theory of Learning: Century Psychology Series. New York: National Book Foundation. 2004.

Hisrich, R. D., et al. Entrepreneurship, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat. 2008.

Irham Fahmi, Kewirausahaan Teori, Kasus dan Solusi, (Bandung: ALFABETA, 2013)

Jackie Ambadar, dkk, Membentuk Karakter Pengusaha, (Bandung: Kaifa, 2010)

Kertajaya, Hermawan. Arti komunitas :Gramedia Pustaka. (2008).

Kompasiana. Dampak Penggunaan Instagram. Diunduh dari http://www.kompasiana.dampakpenggunaaninstagram.com pada tanggal 5 Desember 2016.

Kotler, Philip And Amstrong, Gary. Principle of Marketing. 7th Ed. New Jersey: Prentice. Hal.inc. 2010.

Laila Fitriani dan Asti Aini, “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabunganku,” dalam Islamiconomics : Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis Islam, Vol.5, No.1, (Januari – Juni, 2014),

Lambing, P. & Kuehl. C. R. Entrepreneurship. 4th edition. Upper Saddle River: Prentice Hall. 2007.

Maman Suryaman. Minat Beriwausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan. UNNES. Diambil dari http://www.pustakaskripsi.com/download.php?file=1856. 2013.

Mulyanto, H., dan Wulandari, A., 2010, Penelitian: Metode & Analisis, CV Agung, Semarang

Morrisan. 2007. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Ramdina Prakarsa

Morissan. Periklanan : Komunikasi Pemasara Terpadu. Jakarta : Kencana prenada media. 2010.

Nasrullah Rulli. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2015.

Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta

Rosmiati, Dony T & Munawar, “Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa”, Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.17, No. 1, (Maret, 2015)

Saryanto. Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Minat Berwirausaha Terhadap Kesiapan Kerja SMK N 1 Cangkringan. Skripsi. Tidak diterbitkan. UNY (2008).

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sulaksana, Uyung. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003.

Suryana. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Gramedia Sumber. 2003.

Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen. Usaha Kecil, Salemba empat

Turban, Efraim and David, King. Electronic Commerce. New Jersey: Amanogerial Perspective. 2006.

W. J. S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 2007)

Zainuddin. S & Sandi Pasakpangan, “Pengaruh Sistem Bagi Hasil dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausahaan Mahasiswa IAIN Palopo”, Jurnal Muamalah, Vol. 5, No. 1, (April, 2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA