PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN PEREMPUAN BERWIRAUSAHA

Yuridistya Primadhita, Susilowati Budiningsih, Anggraita Primatami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan perempuan berwirausaha di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Faktor internal meliputi keyakinan diri, keahlian, dan motivasi diri, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan toleransi risiko. Data yang digunakan adalah data primer dari kuisioner kepada 100 responden perempuan wirausaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, faktor internal dan faktor eksternal masing-masing berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan perempuan berwirausaha. Secara simultan, faktor internal dan faktor eksternal bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan perempuan berwirausaha, dalam hal ini faktor eksternal memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan faktor internal. Besarnya kemampuan faktor internal dan faktor eksternal  dalam menjelaskan keputusan perempuan berwirausaha adalah sebesar 67,9%, sedangkan sisanya sebesar 32,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Aimasari, Nina dan Astri Ghina. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita untuk Menjadi Wirausaha (Studi Pengusaha Wanita UMKM di Kota Bandung Tahun 2015). E-Proceeding of Management, Vol. 2 No. 3: 2795-2799.

Ariefianto, M. Doddy. 2012. Ekonometrika: Esensi dan Aplikasi dengan Menggunakan Eviews. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Barani, G. dan Dheepa, T. 2013. Influence of Motives and its Impact on Women Entrepreneurs of India. Journal of Entrepreneurship and Management, Vol. 2.

Nurudin. 2017. Pengaruh Minat dan Lingkungan Keluarga terhadap Keputusan Wanita Muslim Berwirausaha. SAWWA, Vol. 12 No. 3.

Pristiana, Ulfi, dkk. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Wanita Berwirausaha di Kota Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9 No. 1: 28-69.

Tambunan, Tulus. 2009. Women Entrepreneurship in Asian Developing Countries: Their Development and Main Constraints. Journal of Development and Agricultural Economics, Vol. 1 No. 2: 27-40.

_________. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting. Jakarta: Penerbit LP3ES.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i3.229

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA