PERSONAL SELLING SEBAGAI ”UJUNG TOMBAK” PENJUALAN PRODUK ASURANSI

Rudy Susanto

Abstract


Untuk dapat memuaskan kebutuhan konsumen, perusahaan melakukan kegiatan pemasaran. Karena kegiatan tersebut ditujukan untuk menambah dan mempelancar arus barang atau jasa dari perusahaan ke konsumen, dan kegiatan pemasaran juga merupakan salah satu faktor penentu dalam menjamin kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan melalui pencapaian laba yang optimal. Salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah kegiatan promosi. Kegiatan promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang ditawarkannya kepada pembeli atau konsumen. Di dalam kegiatan promosi terdapat suatu elemen penting yang dapat  mempengaruhi hasil penjualan, elemen tersebut adalah personal selling. Kegiatan personal selling adalah kegiatan promosi secara interaksi langsung antara penjual dengan pembeli atau konsumen, dimana penjual dapat secara langsung memberikan informasi secara rinci kepada pembeli tentang jenis, manfaat, ciri-ciri, dan cara mendapatkan barang atau jasa yang ditawarkannya. Dengan adanya pertemuan langsung secara tatap muka, maka penjual dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen, sehingga penjual dapat meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkannya. Keberhasilan atau kegagalan dari suatu kegiatan penjualan sangat tergantung atau dipengaruhi oleh keberhasilan atau kegagalan kegiatan personal selling di dalam mempengaruhi atau meyakinkan konsumen untuk membeli produk asuransi tersebut. Personal selling merupakan tulang punggung atau urat nadi atau ujung tombak perusahaan untuk menawarkan dan menjual produk asuransinya, sehingga perusahaan mendapatkan laba yang optimal melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan kosumen secara berkesinambungan atau terus-menerus.

 

Kata kunci:

Personal Selling, Ujung Tombak, Penjualan.

Full Text:

PDF PDF

References


Buchari, Alma. 2000. Ilmu Menjual dan Manajemen. Penerbit Alfabeta, Bandung

Buchari, Alma. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Prehallindo, Jakarta

Stanton, J, William. 1996. Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Swastha, Basu. 1999. Azas–Azas Marketing Edisi Ke- 3. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i1.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA