Kompetensi Profesional Guru dan Kelengkapan Fasilitas Belajar dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Berprestasi

Eman Sulaeman, Ade Yanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesional guru dan kelengkapan fasilitas belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa melalui motivasi berprestasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel 114 siswa SMA Negeri 1 Sukatani Kabupaten Bekasi. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner online melalui google form dan data hasil penelitian diolah dengan software SMART-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dipengaruhi secara positif oleh kompetensi profesional guru. Motivasi berprestasi juga dipengaruhi secara positif oleh kelengkapan fasilitas belajar. Motivasi berprestasi dapat menjadi penghubung antara kompetensi profesional guru dan hasil belajar siswa. Motivasi berprestasi juga dapat menjadi penghubung antara kelengkapan fasilitas belajar dan hasil belajar siswa.

The purpose of this study was to determine the relationship between teacher professional competence and the completeness of learning facilities in influencing student learning outcomes through achievement motivation. This research is a quantitative study with a sample of 114 students of SMA Negeri 1 Sukatani, Kabupaten Bekasi. Data collection used an online questionnaire through the Google form and the research data were processed using SMART-PLS 3.0 software. The results of this study indicate that achievement motivation is positively influenced by the professional competence of teachers. Achievement motivation is also positively influenced by the completeness of learning facilities. Achievement motivation can be a link between teacher professional competence and student learning outcomes. Achievement motivation can also be a link between the completeness of learning facilities and student learning outcomes.

Keywords


Kompetensi profesional; Fasilitas belajar; Motivasi berprestasi; Hasil belajar

References


Arfah, M., & Muhidin, S. A. (2018). Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajeman di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoran, Vol. 3 No. 2, Hal. 182-189.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Publikasi Pendidik, Volume 9 Nomor 1, Hal. 46-52.

Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, Vol. 6 No. 2, Hal. 1959 - 1965.

Erwinsyah, A. (2017). Manajeman Kelas dalam Meningkatkan Efektiviatas Belajar dan Mengajar. Jurnal Manajeman Pendidikan Islam, 87-105.

Hayati, N., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration: Education and Practice, 2(2), Hal. 79-95.

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, Vol. 11 No. 2, 237-266.

Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 No. 19.

Karnaningsih, S. C., Sulton, & Husna, A. (2021). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 4 No. 1, Hal. 51-59.

Kemendikbudristek, P. B. (2021). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP Kemendikbudristek.

Kurniadi, A. Z., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Beajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, Vol. 2 No. 1, 1-11.

Makaliwe, N., & Lempas, J. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5 No. 2, Hal. 2079-2088.

Marlina, L., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya(Vol. 2 No. 1), Hal. 66-74.

Mulyasa, E. (2004). Manajeman Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosyada Karya.

Nursyam, A. (2018). Hubungan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Takkalalla Kabupaten Wajo. Ekspose Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, Volume 17, Nomor 2, Hal. 626-638.

Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: Sekretariat Negara.

Priani, D. H., & Ismiyati. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 379-390.

Puspendik. (2019). Pendidikan Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Kemendikbud.

Puspendik. (2019). Ringkasan eksekutif hasil ujian nasional 2019 SMA/MA dan SMK masukan untuk pembelajaran di sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, T., & Thomas, P. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening pada Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 6 (3), Hal. 711-726.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0†(pp. 289-302). Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Rahmawati, Khaerani, & Purnamasari, W. (2023). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 6 Nomor 1, 55-60.

Setiadi, D., & Setiyani, R. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7 (2), Hal. 390-399.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soffiatun, S., & Badrianah. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA PGRI 109 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3 No. 2, Hal. 60-74.

Sudjana, N. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyanto. (2009). Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Kontribusi Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, Hal. 19-34.

Sujarwo. (2011). Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Tapiardi, W. (2008). Motivasi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yue, X., & Ji, R. (2020). Teacher Professional Competencies in Education for Sustainable Development. Tasmania University.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v25i1.1077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA