Analisis Pengaruh Biaya Promosi Berbasis Website, Biaya Training Staf Sales, dan Pengeluaran Relasional Terhadap Volume Penjualan PT Pusindo Murniraya
Abstract
Penelitian untuk mengetahui pengaruh Biaya Promosi berbasis Website, Biaya Training Staf Sales, dan Pengeluaran Relasional terhadap Volume Penjualan PT Pusindo Murniraya. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan PT Pusindo Murniraya. Metode sampling dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis menggunakan PLS-SEM dengan alat Smart PLS versi 4. Hasil penelitian yaitu Biaya Promosi Berbasis Website berpengaruh positif signifikan terhadap Volume Penjualan, Biaya Training Staf Sales tidak berpengaruh terhadap Volume Penjualan, Pengeluaran Relasional berpengaruh positif signifikan terhadap Volume Penjualan. Perusahaan sebaiknya fokus pada meningkatkan investasi dalam promosi berbasis website, memperkuat pengeluaran relasional dengan cara memberikan layanan pelanggan yang unggul, dan mengintegrasikan promosi website dengan pengeluaran relasional.
This research is to determine the effect of Website-based Promotion Costs, Sales Staff Training Costs, and Relational Expenses on PT Pusindo Murniraya's Sales Volume. The data in this study is secondary data from the annual financial reports of PT Pusindo Murniraya. The sampling method was carried out using a purposive sampling method. The analysis method uses PLS-SEM with Smart PLS version 4. The results of the study are Website-Based Promotion Costs have a significant positive effect on Sales Volume, Sales Staff Training Costs have no effect on Sales Volume, Relational Expenses have a significant positive effect on Sales Volume. Companies should focus on increasing investment in web-based promotion, strengthening relational spending by providing superior customer service, and integrating website promotion with relational spending.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alexandri, M. B., Pragiwani, M. & Merdekawan, W., 2019. Biaya Gaji, Biaya Insentif Dan Biaya Pelatihan Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada Pt. Sinar Mitra Sepadan Finance). RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 2(3), pp. 77-82.
Fernanda, M., 2019. Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), pp. 07-12.
Handriyani, P. E. & Astawa, I. G. P. B., 2022. Pengaruh Tingkat Penghasilan, Pemahaman Aturan Perpajakan, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Kabupaten Buleleng. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 11(1), pp. 13-22.
Haryono, S., 2018. Pengaruh Penggunaan Website Terhadap Penjualan Produk Pengusaha Umkm Pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio e-kons, 10(1), pp. 39-46.
Kristiyanti, M., 2015. Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(2), pp. 186-196.
Mayangsari, V. N. & Assagaf, A., 2021. Pengaruh sistem kontrol, pelatihan, dan motivasi terhadap kinerja karyawan yang berdampak terhadap peningkatan penjualan bank jatim cabang sidoarjo. Soetomo Business Review, 2(3), pp. 142-157.
Mohammad, W. & Maulidiyah, N. R., 2022. PENERAPAN MODEL CIBEST DALAM MENGANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP PARA PEDAGANG DI DKI JAKARTA. Jurnal Syntax Transformation, 3(3), pp. 414-423.
Muhtarom, A., Syairozi, I. & Wardani, N. D., 2022. Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. JESYA Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 5(1), pp. 743-755.
Mujiyana, L. S. & Mukhyi, M. A., 2012. Pengaruh Penerapan Periklanan Di Internet Dan Pemasaran Melalui E-Mail Produk UMKM Di Wilayah Depok. J@TI Undip, 7(3), pp. 161-168.
Mulyanto, H. & Wulandari, A., 2010. Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.
Nugroho, Y. I. & Indriyatni, L., 2017. Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Pada Pt. Unilever Indonesia, Tbk.. Buletin Bisnis & Manajemen, 3(2), pp. 26-40.
Prayogo, D. & Sukim, 2021. Determinan Daya Beli Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, pp. 631-640.
Priambada, S., 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November.
Purbasari, H. & Veno, A., 2019. Analisis Pengaruh Sales Training Terhadap Efektivitas Penjualan Dengan Dimediasi Kinerja Penjualan. INVENTORY: Jurnal Akuntansi, 3(1), p. 11–24.
Putra, F. D., 2017. Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), pp. 462-473.
Sari, R. N., 2016. Perlakuan Akuntansi Biaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Samarinda. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan keuangan, 13(1), pp. 32-47.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. & Asmira, 2017. Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi Menggunakan Metode Web Engineering. SIMKOM, 2(3), pp. 9-17.
Wildyaksanjani, J. P. & Sugiana, D., 2018. Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), pp. 10-23.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v25i1.1073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Wiraswasta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.