LOYALITAS PELANGGAN DENGAN MEMBANGUN CITRA MEREK, KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN PERSEPSI HARGA

Siti Mahmudah, Muhafidhah Novie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, kepercayaan konsumen dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan produk Batik Kencana Ungu. Dalam penelitian ini menggunakan metode berupa metode kuantitatif dengan dibantu alat analisis berupa SPSS (Statistic Package for Social Sciences). Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan Batik Kencana Ungu. Untuk responden berjumlah 127 orang dengan teknik insidental sampling. Hasil penelitiannya menyatakan bahwa pengaruh citra merek dan kepercayaan konsumen signifikan, sedangkan persepsi harga pengaruhnya tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata kunci: citra merek, kepercayaan konsumen, persepsi harga, loyalitas pelanggan

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine and analyze the influence of brand image, consumer trust and price perception on customer loyalty of Batik Kencana Ungu products. In this study using methods in the form of quantitative methods with the help of analytical tools in the form of SPSS (Statistical Package for Social Sciences). The population in this study is Kencana Ungu Batik customers. For respondents totaling 127 people with incidental sampling techniques. The results of his research stated that the influence of brand image and consumer trust was significant, while price perception had no significant effect on customer loyalty.

 

Keywords: brand image, consumer trust, price perception, customer loyalty


Full Text:

PDF

References


Ganyang, M. T. (2019). Pembentukan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Merek dan Kualitas Produk. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(S1) Tantangan Bisnis di Era Digital: 781 - 790 P-ISSN 2527–7502 E-ISSN 2581-2165

Hikmah, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen pada Burger King Citra Raya Tangerang. Universitas Esa Unggul.

Indratama, A. B., & Artanti, Y. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Manajemen.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New York: Pearson.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip- prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016) A Framework for Marketing Management, sixth edition, global edition. New York City: Pearson.

_________. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, N., & Ernawati, N. (2012). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Laundry Kencling Semarang. Jurnal Mahasiswa Q MAN, 1(3).

Maharani, A. D. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Nirawati, L., Pratiwi, A. D., Mutiahana, A., & Afida, E. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Transformation, 1(9). p- ISSN:272-3854, e-ISSN:2721-2769.

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46-56. p-ISSN: 2460-4089 e-ISSN: 2528-2948 http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah

Ronasih, M. Y., & Widhiastuti, H. (2021). Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 109-130 ISSN 2580-6076 (Print), ISSN 2580-8532 (Online).

Veloso, C. M., Magueta, D., Ribeiro, H., & Alves, S. R. (2018). The links between service quality, brand image, customer satisfaction and loyalty in the retail industry. Economic and Social Development: Book of Proceedings, 497-511.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v20i1.984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor