PENGARUH KEPERCAYAAN MITRA DAN KOMITMEN PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS MITRA PENGEMUDI OJEK ONLINE

Taufik Alwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan pengemudi dan komitmen perusahaan terhadap loyalitas mitra pengemudi ojek online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan desain explanatory research. Mengacu kepada Gay yang mensyaratkan ukuran sampel minimal metode korelasi adalah 30 subyek.  Penelitian ini penulis melibatkan sampel sebanyak 38 orang yang terdiri dari Mitra Pengemudi Go-Jek 14 orang, GrabBike 14 orang dan Uber Motor 10 orang. Kuesioner menggunakan 5 skala Likert.

Secara parsial dan simultan variabel Kepercayaan (X1) dan Variabel Komitmen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (Y) Mitra Pengemudi Online. Variabel Kepercayaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (Y) Nilai koefisen regresi sebesar 0,300 menunjukkan jika Variabel Kepercayaan  (X1) naik 1 satuan akan meningkatkan Variabel Loyalitas (Y) sebesar 0,300, Variabel Komitmen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (Y) dengan koefisien regresinya adalah sebesar 0,483.  Secara simultan variabel Kepercayaan  (X1) dan Komitmen (X2) berpengaruh positif terhadap Loyalitas (Y) Mitra Pengemudi Online total nilai regresi sebesar 0,783 ketika kedua variabel simultan naik 1 satuan.

Manajemen Perusahaan Ojek online sangat penting memperhatikan kebijakan yang meningkatkan kepercayaan mitra sekaligus menjaga komitmen dengan mitra pengemudi sebagai faktor yang mempengaruhi loyalitas mitra pengemudi online dalam upaya mempertahankan loyalitas mitra pengemudi. Keterbatasan penelitian ini, perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menambah variabel-variabel lain yang terkait serta pengembangan model struktural untuk mengetahui lebih spesifik persepsi konsumen industri pada entitas mitra pengemudi ojek online.

Full Text:

PDF

References


Aksoy, L. 2013, “How do you measure what you can’t define? The current state of loyalty measurement and managementâ€, Journal of Service Management, Vol. 24 No. 4, pp. 356-381.

Anindhita, Wiratri, 2016, Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online, Prosiding Seminar Nasional Indocompac Universitas Bakrie, Jakarta. 2-3 Mei

Boone, L.E. dan Kurtz, D.L. 2007, Contemporary Business, Thomson Learning, Ohio, USA

Bruhn, Manfred, 2003, Relationship Marketing: Management of Customer Relationships, Prentice Hall, England

Buttle, F., 2009, Customer Relationship Management; Concepts and Technologies, Elsevier Ltd, Burlington, MA, USA

Departemen Pendidikan Indonesia, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hair, J.F, R.F. Anderson, R.I. Tatham dan W.C. Black, 1998, Multivariate Data Analysis, 5th Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, USA

James, J. 2013, The heart makes the mouse: Disney’s approach to brand loyalty, Journal of Brand Strategy, Vol. 2 No. 1, pp. 16-20.

Kotler, P. dan Keller, K.L., 2006, Marketing Management, 12e, Pearson International Edition, Prentice Hall, New Jersey, USA

Newlands, D.J. dan Hooper, M.J. 2009, The Global Business Handbook: the Eight Dimention of International Management, Gower Publishing Company, Burlington, USA

Pan, Y., Sheng, S. and Xie, F.T. (2012), “Antecedents of customer loyalty: an empirical synthesis and reexaminationâ€, Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 19 No. 1, pp. 150-158.

Roesdijanto dkk, Transformasi Ojek Tradisional ke Ojek Online, Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis Vol 3 No. 1 Tahun 2016, hal 76-79

Seiders, K., Voss, G. B., Grewal, D., & Godfrey, A. L. (2005). Do satisfied customers buy more? Examining moderating influences in a retailing context. Journal of Marketing, 69(4), 26–43.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Widjaja, Andrew Tjenghar, Pengaruh Word of Mouth dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention: Sebuah Studi Kasus Mengenai Perilaku Konsumen Terhadap Jasa Ojek Online Gojek, Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Volume 53/No.12/Desember -2016 : 241-253

Wiedenfels, G. 2009. Trust of Potential Buyers in New Entrepreneurial Ventures. Wiesbaden: Gabler.

Wirtz, J., Ambtman, A. den, Bloemer, J., Horváth, C., Ramaseshan, B., Klundert, J. van de, Canli, Z.G. and Kandampully, J. 2013, Managing Brands and Customer Engagement in Online Brand Communities, Journal of Service Management, Vol. 24 No. 3, pp. 223-244.

Zaheer, A., Bachmann, R. 2006. Handbook of Trust Research. Massachusetts: Edward Elgar Publishing, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v14i2.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor