PENINGKATAN KAPASITAS SDM DAN PEMASARAN DIGITAL DENGAN MEDIASI MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA USAHA AGRIBISNIS
Abstract
Pandemi covid-19 memberikan dampak besar bagi usaha skala mikro, kecil, dan menengah. Kebijakan pembatasan sosial yang berskala besar akibat covid-19 berdampak pada turunnya aktivitas ekonomi, termasuk di bidang agribisnis. Strategi yang diterapkan untuk penguatan usaha di masa pandemi ini salah satunya adalah memperkuat kapasitas sumber daya manusia agar tetap bertahan dan berinovasi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung peningkatan kapasitas sumber daya manusia (capacity building) dan pemasaran digital (digital marketing) terhadap peningkatan kinerja usaha agribisnis di masa pandemi covid-19 melalui mediasi modal intelektual (intellectual capital). Sampel penelitian ini mencakup 50 usaha agribisnis. Melalui penelitian ini akan diketahui pengaruh langsung dan tidak langsung capacity building pada kinerja usaha agribisnis saat covid-19.
Kata kunci: agribisnis, kinerja, modal intelektual, pemasaran digital, peningkatan kapasitas
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic has had an impact on micro, small and medium scale businesses. The large-scale social restriction policy due to Covid-19 has had an impact on decreasing economic activity, including in the agribusiness sector. One of the strategies implemented to strengthen business during this pandemic is to strengthen the capacity of human resources to survive and innovate. This study aims to determine the direct and indirect effects of increasing the capacity of human resources and digital marketing on improving the performance of agribusiness businesses during the Covid-19 pandemic through the mediation of intellectual capital. The sample of this research includes 50 agribusiness enterprises. Through this research, it will be known the direct and indirect effects of capacity building on the performance of agribusiness during Covid-19.
Keywords: agribusiness, capacity building, digital marketing, intellectual capital, performance
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. CV Andi Offset.
Amboningtyas, D., & Yulianeu. (2019). Pengembangan Capacity Building dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Usaha Kecil Menengah di Kecamatan Tugu Semarang. Jurnal Ekbis: Analisis, Prediksi dan Informasi. 20(1), 1181-1193.
Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.
Barkat, W., Beh, L.S. 2018. Influence of Intellectual Capital Dimensions on Knowledge Process Capability and Organizational Performance. Asian Journal of Scientific Research, 11(3), 308-318.
Cabrita, M. R., Bontis, N. 2008. Intellectual Capital and Business Performance in The Portuguese Banking Industry. International Journal Technology Management, 43(1-3), 212–237.
Hartono, S. B. 2017. Peran Capacity Building terhadap Peningkatan Intellectual Capital Auditor Internal PTKIN di Indonesia dengan Audit Quality sebagai Variabel Intervening. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 205-236.
Kemenkop dan UKM. 2019. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018. URL: http://www.depkop.go.id/data-umkm. Diakses 21 Februari 2021.
Kemenkop dan UKM. 2020. Menkop dan UKM Paparkan Skema Pemulihan Ekonomi KUKM di Masa dan Pasca COVID-19. URL: http://www.depkop.go.id/read/menkop-dan-ukm-paparkan-skema-pemulihan-ekonomi-kumkm-di-masa-dan-pasca-covid-19. Diakses 21 Februari 2021.
Laksana, D., & Dharmayanti, D. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 10-24.
Liesander, I., & Dharmayanti, D. (2017). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timur. Jurnal Strategi Pemasaran, 4(2), 1-13.
Marpaung, F. K., & Sibarani, H. J. (2018). Bagaimana Pengaruh Digital Marketing dan Capacity Building terhadap Kinerja UKM di Kota Medan?. Jurnal Akrab Juara, 3(4), 35-41.
Milen, A. (2004). Pegangan Dasar Pengembangan Kapasitas. Diterjemahkan secara bebas. Yogyakarta: Pondok Pustaka Jogja.
Muljono, R. K. (2019). Digital Marketing Concept. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Primatami, A., & Primadhita, Y. (2020). Efisiensi UMKM Makanan dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 1-10.
Sudibya, D. C. N. A, & Restuti, M. M. D. (2014). Pengaruh Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervenig. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(1), 14-29.
Perdana, S. Y. (2020). Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Jakarta: Salemba Empat.
Yuliati. (2018). Mediasi Customer Satisfaction dan Intellectual Capital atas Pengaruh Digital Marketing terhadap Kinerja Perusahaan. Fokus Ekonomi Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(2), 288-306.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v19i2.944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor