PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SERTA STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT.EQUITY LIFE INDONESIA
Abstract
Kualitas Pelayanan dan Strategi Promosi merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relative besar dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Untuk membuktikan pengaruh kedua faktor tersebut, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah PT.Equity Life Indonesia.
Penelitian dilakukan pada nasabah PT.Equity Life Indonesia, Jakarta Pusat dengan mengambil 100 sampel dalam waktu Agustus, dengan metode yang digunakan dalam accidental sampling, dan dilakukan uji validitas. Pengambilan data dilakukan dengan instrument kuesioner skala likert.
Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y), dimana koefisien regresinya sebesar b1 = 0,608 dengan probabilitas Sig = 0.000 2) Strategi Promosi (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y), dimana koefisien regresinya sebesar b1 = 0,309 dengan probabilitas Sig = 0.000 3) Kualitas Pelayanan (X1) dan Strategi Promosi (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah (Y) sebesar 51,7%, sementara sisanya (100% - 51,7% = 48,3%) di pengaruhi variabel lain yang tidak di teliti.
Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk memberikan bahan masukan atau pertimbangan bagi perusahaan PT. Equity Life Indonesia dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan dan strategi promosi untuk menghadapi persaingan pasar asuransi yang disarankan untuk memperhatikan kualitas pelayanan dan strategi promosi yang lebih baik karena hal ini akan membentuk loyalitas nasabah dan meningkatkan profit perusahaan.
ÂÂ
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi.Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Subagyo. “Marketing in businessâ€Â. Jakarta : Mitra Wacana Media. 2010.
Ali Mahfudin, 2012, “Strategi Promosi Peningkatan Donator Yayasan Al-Jihad Surabaya Melalui Acara Bengkel Hati
di Radio El Victorâ€Â, Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Herman, Darmawi. “Manajemen Asuransiâ€Â. Jakarta : Bumi Aksara. 2006.
Jayadi, 2012, Laboratorium Statistik, Bahan Kuliah STIE IPWIJA .
Kotler, Philip. “Manajemen Pemasaran di Indonesia (Edisi pertama)â€Â. Jakarta: Salemba Empat. 2000.
Kotler, Philip. “Manajemen Pemasaran, jilid II (Edisi Milenium)â€Â. Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta. 2002.
Kompas.co.id, Diakses 20 Juli 2015.
Lamb, Hair dan McDaniel.2001.Pemasaran. Buku 1. Salemba Empat:Jakarta. Marzuki. “Metodologi Risetâ€Â. Jakarta. 2002.
Mulyanto, H dan Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV. Agung.
Rangkuti, Freddy, “ Promosi yang Kreatif &Analisis Kasus IMCâ€Â, Gramedia. Jakarta. 2009.
Sugiyono, 2008. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & Dâ€Â, Cetakan ke 6, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA.
Tjiptono. “Prinsip - Prinsip Total Quality Serviceâ€Â. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i1.9
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor