PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA AKTIVIS DI ORGANISASI KEMAHASISWAAN FEM IPB

Ega Putri Anatasya, Andita Sayekti

Abstract


Penerapan manajemen waktu yang baik pada proses pembelajaran dan 

Penerapan manajemen waktu yang baik pada proses pembelajaran dan organisasi mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM dapat menghasilkan pencapaian akademik yang lebih maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kemampuan manajemen waktu mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM IPB, mengidentifikasi prestasi akademik mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM IPB, dan menganalisis pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM IPB. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Responden pada penelitian diambil dengan teknik quota sampling berjumlah 211 mahasiswa yang mewakili masing-masing organisasi kemahasiswaan FEM. Mayoritas mahasiswa aktivis FEM sudah memiliki kemampuan pengelolaan waktu yang baik dan indikator prestasi kumulatif yang sangat memuaskan. Pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik berpengaruh secara positif dan signifikan pada indikator sikap terhadap waktu dan perencanaan jangka panjang.

 

Kata kunci: mahasiswa aktivis, manajemen waktu, organisasi kemahasiswaan, prestasi akademik

 

 

ABSTRACT

 

Application of time management in the learning process and student organizations of FEM student organizations can result in maximum academic achievement. This study was conducted to identify the time management abilities of student activists of FEM IPB student organizations, identify the academic achievements of student activists of FEM IPB student organizations, and analyze the effect of time management on the academic achievements of student activists of FEM IPB student organizations. The type of data in this study is quantitative data with data sources obtained from primary data and secondary data. The method used is descriptive analysis and multiple linear analysis with the help of SPSS software. Respondents in the study were taken using a quota sampling technique totaling 211 students representing each FEM student organization. The majority of FEM activist students already have good time management skills and very satisfactory cumulative achievement indicators. The effect of time management on academic achievement has a positive and significant effect on indicators of attitude towards time and long-term planning.

 

Keywords: performance, supervision, work environment, work motivation


Full Text:

PDF

References


Aprilia, A. (2016). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Performansi Kerja pada Mahasiswa yang Bekerja di PT X Yogyakarta. Psikologi Universitas Sanata Dharma, 1(5), 2-4.

Britton, B. K., & Tesser, A. (1991). Effect of Time Management Practices on College Grades. Journal of Educational Psychology, 33(4), 405-410.

Desmawangga, C. (2013). Studi tentang Partisipasi Mahasiswa Program Studi Administrasi Negara dalam Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Journal Ilmu Administrasi, 1(2), 683-697.

Godata BEM KM IPB. (2021). Laporan Hasil Survei: Pengembangan Mahasiswa: Kesejahteraan Mahasiswa. Bogor: Biro Riset dan Pengembangan.

Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining Sample Size for Research Activities. Educ Psychol Measurement, 30(3), 607–610.

Kristy, D. (2019). Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Applicatio, 8(1), 49-54.

Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Acedemy of Education Journal, 5(2), 91–103.

Natawiria A. S., Rifaldi R., & Noviaristanti, S. (2010). Statistika Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Nurrahmaniah, N. (2019). Peningkatan Prestasi Akademik melalui Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 149-176.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Viru Disease Covid 19.

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Bogor: Guepedia.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Zendarski, N., Sciberras, E., Mensah, F., & Hiscock, H. (2017). Academic Achievement and Risk Factor for Adolescents with Attention-Deficit Hyperactivity Disorder in Middle School and Early High School. Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, 38(6), 358-368.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v19i2.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor