ENTREPRENEUR WANITA: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI DAN PILIHAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID – 19

Heriyani Heriyani, Khuswatun Hasanah, Husnul Fatiyah

Abstract


Sejak tahun 2020, wabah Covid-19 telah masuk ke Indonesia, mempengaruhi berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, bisnis, dan sektor lainnya. Kasus penutupan sekolah, pengurangan karyawan, penutupan berbagai toko adalah beberapa dampak negatif dari situasi ini. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Para pengusaha wanita memulai usahanya dari rumah selama masa lockdown dengan berbagai jenis usaha yang dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi dan pilihan usaha para pengusaha wanita tersebut, terhadap usaha yang dijalankannya di masa Pandemi Covid-19. Sampel dalam penelitian ini akan diambil secara acak sederhana (Random Sampling Method), yaitu sebanyak 100 entrepreneur wanita yang memulai usaha dari tahun 2020. Jenis data yang akan digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari data primer. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda, yaitu uji-t dan uji-F dengan  menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil analisis data, ada 3 faktor yang mempengaruhi motivasi mereka dalam menjalankan usaha, yaitu terdampak Covid-19, usaha mandiri, dan dukungan keluarga. Selanjutnya ada 5 faktor yang mempengaruhi pengusaha wanita dalam memilih jenis usaha di masa pandemi Covid-19, yaitu passion, bakat, modal, trend, dan maintenance.

 

Kata kunci: Covid-19, entrepreneur wanita, motivasi, pilihan usaha

 

 

ABSTRACT

 

Since 2020, the Covid-19 outbreak has entered Indonesia, affecting various sectors such as health, education, business, and other sectors. Cases. School closures, reduction of employees, closing of various shops are some of the negative impacts of this situation. Various ways have been done to overcome this problem. Women entrepreneurs started their businesses from home during the lockdown period with various types of businesses being developed. The purpose of this study is to find out what factors influence the motivation and business choices of these women entrepreneurs, for the businesses they run during the Covid-19 Pandemic. The sample in this study will be taken at a simple random (Random Sampling Method), namely as many as 100 female entrepreneurs who start a business from 2020. The type of data that will be used is qualitative and quantitative data sourced from primary data. The data analysis method in this research is multiple linear regression method, namely t-test and F-test using the SPSS application. From the results of data analysis, there are 3 factors that influence their motivation to run a business, namely being affected by Covid-19, independent business, and family support. Furthermore, there are 5 factors that influence women entrepreneurs in choosing the type of business during the Covid-19 pandemic, namely passion, talent, capital, trend, and maintenance.

 

Keywords: Covid-19, business choice, motivation, woman entrepreneur

Full Text:

PDF

References


Adha, M. A., Arifin, I., Maisyaroh, Sultoni, & Sunarni. (2020). Perbedaan Minat Berwirausaha Berdasarkan Jenis Kelamin Mahasiswa. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 208–215.

Adome, K., & Anambane, G. (2019). Understanding The Role of Culture and Gender Stereotypes in Women Entrepreneurship Through The Lens of The Streotype Threat Theory. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 12(1).

Aimasari, N., & Ghina, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita untuk Menjadi Wirausaha ( Studi Pengusaha Wanita UMKM di Kota Bandung Tahun 2015). E-Proceeding of Management, 2(3), 2795–2799.

Ardiyanti, D. A., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat Usaha dan Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Muda di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 168–178.

Diandra, D., & Azmy, A. (2020). Understanding Definition of Entrepreneurship. Journal of Management, 7.

Herawati, Supriyati, & Effendi, N. I. (2021). Peningkatan Softskill Melalui Edukasi Protokol Kesehatan dan Promosi Multimedia Wirausaha Wanita Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kita, 4(2), 8–18.

Heruwanto, J., Septian, D., & Kurniawan, E. N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Putra Taro Paloma Bogor. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(2), 171.

Irawati, S. A., & Sudarsono, B. (2018). Analisa Faktor-Faktor yang Berwirausaha melalui Bisnis Online Studi Kasus pada Ibu Muda. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 6(2), 1–14.

Kamberidou, I. (2020). “Distinguished†Women Entrepreneurs in The Digital Economy and The Multitasking Whirlpool. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 9(1).

Kang, B., & Awadzi, C. (2019). Case Study on African American Female Entrepreneur: The Role Social, Emotional, Financial and Physic Support. International Journal of Business and General Management, 8(1), 33–38.

Kumalasari, R. D. (2018). Faktor Pendorong Keberhasilan Wanita Pedesaan dalam Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia, 1(2), 106.

Lestari, F. A. P. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Berwirausaha. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 65–69.

Meyer, N., & Keyser, E. (2016). Does Having Children Really Make a Difference: The Case of South African Female Entrepreneurs. International Journal of Economics and Finance Studies , 11(1) , 64-79.

Mokalu, B. (2016). Perempuan Berwausaha Mengentas Ekonomi Keluarga. Journal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 3(2).

Primadhita, Y., Budiningsih, S., & Primatami, A. (2018). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Keputusan Perempuan Berwirausaha. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 161.

Rahmi, V. A., & Hidayati, R. A. (2019). Efektivitas Pelatihan Keterampilan dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Wanita melalui Motivasi Diri Berwirausaha. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 1.

Roy, & Manna. (2014). Women in Entrepreneurship: Issues in Motivation and Choice of Business. Journal Entrepreneurship & Management, 3(2).

Setiani, R., Dahmiri, D., & Indrawijaya, S. (2019). Pengaruh Motivasi dan Sikap Wirausaha terhadap Keputusan Berwirausaha Wanita di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 8(1), 46–58.

Śledzik, K. (2015). Schumpeter’s View on Innovation and Entreprenenurship. Journal of Social Science Research Network.

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101–110.

Wu, J., Y, L., & D, Z. (2019). Identifiying Women’s Entreprenenurial Barri-Ers and Empowering Female Entrepreneurship Worldwide: A Fuzzy-Set QCA Approach. International Entrepreneurship & Management Journal, 15(12), 13–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v19i1.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor