USAHA NAIK KELAS DENGAN MEWUJUDKAN KEMASAN, ASPEK LEGALITAS, DAN PROMOSI DIGITAL

Esti Handayani, Siti Mahmudah, Muhamad Asari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk naik kelas berupa peningkatan kemasan, aspek legalitas dan promosi digital dalam mewujudkan kinerja penjualan produk Wirausaha Binaan Garda Transfumi Kementerian Koperasi dan UKM RI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dibantu alat analisis berupa SPSS (Statistic Package for Social Sciences) dengan jumlah responden 154 orang Wirausaha Binaan Garda Transfumi untuk Wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hasil penelitiannya bahwa pengaruh kemasan, aspek legalitas dan promosi digital terhadap kinerja penjualan wirausaha signifikan.

 

Kata kunci: aspek legalitas, kemasan, kinerja penjualan, promosi digital

 

ABSTRACT

 

This research aims to find out the upscale products in the form of packaging improvement, legality aspects, and digital promotion in realizing the sales performance of Entrepreneurial Products Built by The Ministry of Cooperatives and SMEs. This research uses quantitative methods with the help of analytical tools in the form of SPSS (Statistic Package for Social Sciences) with the number of respondents of 154 Entrepreneurs Built by Garda Transfumi for Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi (Jabodetabek). The results of his research that the influence of packaging, legality aspects and digital promotion on entrepreneurial sales performance is significant.

 

Keywords: digital promotion, legality aspects, packaging, sales performance

Full Text:

PDF PDF

References


Blanchard, O. (2015). Social Media ROI Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mahalaxmi, K. R., & Ranjith, P. (2016). A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal for Innovative Research in Science & Technology, 2(10), 332-338.

Mazhar, M., dkk. (2015). Impact of Product Packaging on Consumers Buying Behavior: Evidence from Karachi. Journal of Marketing and Consumer Research, 16.

Pane, E. S. (2014). Tingkat Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk Industri Kecil dan Menengah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, 5(1).

Purwidiantoro, M. H., Kristanto S. W. D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA, 1(1), 30-39.

Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumer with Smart Digital Maketing Content. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 94-103.

Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v18i2.661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor