KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN DAN IMPLIKASINYA PADA KEBERHASILAN USAHA FAVOR CAFE SALATIGA
Abstract
ABSTRAK
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu usaha adalah karakteristik kewirausahaan yang dimiliki oleh pemilik usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kewirausahaan pemilik usaha Favor Cafe Salatiga dan implikasinya terhadap keberhasilan usaha Favor Cafe Salatiga. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data primer bersumber dari pemilik Favor Cafe. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil analisis memperlihatkan bahwa karakteristik kewirausahaan yang dimiliki oleh pemilik usaha Favor Cafe Salatiga meliputi: percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, berorientasi masa depan, kreatif dan inovatif, kemandirian, tanggung jawab, mencari peluang kontribusi dan mendukung personal. Selain itu, karakteristik kewirausahaan yang dimiliki oleh pemilik usaha berimplikasi kepada keberhasilan usaha Favor Cafe Salatiga selama masa pandemi covid-19 atau new-normal, bahkan pendapatannya meningkat.
Kata Kunci: karakteristik kewirausahaan, keberhasilan usaha
ABSTRACT
Â
One of the factors that determine the success of a business is the entrepreneurial characteristics of the business owner. This study aims to determine the entrepreneurial characteristics of the Salatiga Cafe business owner and ensure the success of the Salatiga Favor Cafe business. In this study using qualitative methods. The data collected is primary data sourced from the owner of the Favor Cafe. The data analysis technique uses an interactive model from Miles and Huberman. The results of the analysis show that the entrepreneurial characteristics of Favor Cafe Salatiga include: self-confidence, task and result oriented, risk taking, leadership, future, creative and innovative, independent, responsible, seeking contribution opportunities and personal support. In addition, the entrepreneurial characteristics possessed by business owners have implications for the success of Favor Cafe Salatiga's business during the COVID-19 or new-normal pandemic, even increasing income.
Â
Keywords: business success, entrepreneurial characteristics
.                    Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdulwahab, M.H & Al-Damen, R.A., 2015. The Impact of Entrepreneurs’ Characteristics on Small Business Success at Medical Instruments Supplies Organizations in Jordan. International Journal of Business and Social Science, Vol 6, No 8.
Alkachvi, M.D & Handayani, T., 2019. Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha (Survey pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukahaji Bandung).https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/807/
Alma, B., 2004. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S., 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Bangun, M.R & Batubara, D.I., 2021. Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan dan Inovasi Rasa terhadap Keberhasilan Usaha Mikro pada CV. Stella Catering Medan. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik, Vol 3, No 1.
Cahyani, U.E., 2017. Analisis Karakter dan Perilaku Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Kolegial, Vol 5, No 2.
Dermawan, O., 2013. Kewirausahaan Mahasiswa di IAIN Lampung. Equilibrium, Vol 1, No 1.
Fauzi, A., Punia, I.N & Kamajaya, G., 2017. Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), Vol 1, No 1.
Gulo, W., 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Indarto & Santoso, D., 2020. Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Vol 13, No 1.
Islam, M.A., Khan, M.A., Obaidullah, A.Z.M & Alam, M.S., 2011. Effect of Entrepreneur and Firm Characteristics on the Business Success of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Bangladesh. International Journal of Business and Management, Vol 6, No 3.
Jumaedi, H., 2012. Hubungan Karakteristik Wirausaha terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada Pengusaha Kecil di Pekalongan). Manajerial, Vol 11, No 21.
Moleong, L.J., 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufidah, N.L., 2012. Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan: Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt oleh Keluarga. Bio-Kultur, Vol 1, No 2.
Noor, H.F., 2007. Ekonomi Manajerial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riyanti, B.P., 2003. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT.Grasindo.
Sari, N.M., Suwarsinah, H & Baga, L., 2016. Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penyuluhan, Vol 12, No 1.
Setiawan, T., 2012. Panduan Sikap Dan Perilaku Entrepreneurship. Jakarta: PT Suka Buku.
Sinaga, D., 2016. Kewirausahaan: Pedoman untuk Kalangan Praktis dan Mahasiswa. Yogyakarta: Ekuilibria.
Sudrajad, 2011. Kiat Mengentaskan Pengangguran & Kemisikinan Melalui Wirausaha. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyono, 2017. Sikap dan Perilaku Wirausahawan. Jurnal Ilmu dan Budaya, Vol 40, No 56.
Suherman, E., 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Sumardhi, A & Laily, N., 2018. Pengaruh Karakteristik Wirausaha terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Etnis Cina dan Jawa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 7, No 12.
Sunarta, 2011. Berpikir Kreatif dan Inovatif Modal Utama menjadi Wirausaha. Seminar Entrepreneurship tanggal 27 Juli 2011 di Balai Desa Sindumartani-Ngemplak Sleman.
Suparyanto, R.W., 2012. Kewirausahaan Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
Suryana, 2011. Kewirausahaan: Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Salemba Empat.
Ulfa, K., 2020. Pengaruh Karakteristik Wirausaha terhadap Keberhasilan Usaha (Studi pada Pelaku
Usaha Handycraft di Kabupaten Purworejo). Volatilitas, Vol 2, No 3.
Wijayanto, A., 2013. Pengaruh Karakteristik Wirausahawan terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Studi pada Sentra Usaha Kecil Pengasapan Ikan di Krobokan Semarang. Jurnal Ilmu Sosial, Vol 12, No 1.
Wiranawata, H., 2019. Pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM Kuliner di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Manajemen, Vol 7, No 4.
Zimmerer, T.W & Scarborough, N.M., 2004. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v18i1.532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor