ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI BERSAING PADA PT. CHAYA INTERFREIGHT CARGO CABANG JAKARTA
Abstract
SWOT Analysis adalah salah satu alat manajemen untuk mengidentifikasi dan mengukur secara sistematis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang berada di ruang lingkup internal maupun eksternal perusahaan. SWOT Analysis digunakan untuk mengukur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan PT Chaya Interfreight Cargo Cabang Jakarta. Penelitian dilakukan di PT Chaya Interfreight Cargo Jakarta dengan pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Penelitian dilakukan secara kualitatif, yaitu dengan analisis deskriptif. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa skor yang didapat melalui analisis SWOT PT Chaya Interfreight Cargo Jakarta masuk pada kuadran I (positif, positif). Merupakan posisi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang saat ini PT. Chaya Interfreight Cargo miliki. PT Chaya Interfreight Cargo sangat mendukung untuk menerapkan strategi pertumbuhan yang agresif.
Â
Kata kunci: manajemen stategik, perusahaan logistik, SWOT analysis
Â
Â
Â
SWOT Analysis is one of the management tools to identify and systematically measure the strengths, weaknesses, opportunities, and threats within the company's internal and external scope. SWOT Analysis is used to measure the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of PT Chaya Interfreight Cargo Jakarta Branch. The research was conducted at PT Chaya Interfreight Cargo Jakarta with data collection using observation, interviews, documentation, and questionnaires. The research was conducted qualitatively with descriptive analysis. The study concluded that the scores obtained through the SWOT analysis of PT Chaya Interfreight Cargo Jakarta is in quadrant I (positive, positive). It is a very advantageous position for the company to take advantage of opportunities with the strengths that PT Chaya Interfreight Cargo currently has. PT Chaya Interfreight Cargo is very supportive of implementing an aggressive growth strategy.
Â
Keywords: logistics company, strategic management, SWOT analysis
Full Text:
PDFReferences
Porter, M. E. (2014). Keunggulan Bersaing. Jakarta: Aksara.
Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
__________. (2015). Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Setyawan, R. (2015). Penerapan Analisis SWOT sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “AMAN-AMIN†Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Cetakan Kesatu. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v18i1.513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor