PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PADA PELANGGAN USIA MUDA

Indrajit Wicaksana

Abstract


 

 

Pemasaran digital saat ini berperan penting dalam memperkenalkan sebuah produk dan menjangkau pelanggan secara langsung. Teknik pemasaran digital berpotensi besar dalam meningkatkan preferensi pelanggan dalam membeli suatu produk, terutama di kalangan anak muda yang cenderung mudah beradaptasi dengan produk digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Bogor. Penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner kepada 50 responden. Penelitian menggunakan analisis jalur untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian memperlihatkan pemasaran digital berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun kualitas produk tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Secara tidak langsung, pemasaran digital dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci: analisis jalur, kepuasan pelanggan, kualitas produk, loyalitas, pemasaran digital.                                                               

 

 

 

Digital marketing currently plays an important role in introducing a product and reaching customers directly. Digital marketing techniques have great potential in increasing customer preferences in buying a product, especially among young people who tend to adapt easily to digital products. This study aims to determine the effect of digital marketing and product quality on customer loyalty by mediating customer satisfaction among students of the College of Economics in Bogor. The study used primary data in the form of a questionnaire to 50 respondents. This research uses path analysis to see direct and indirect effects. The results show that digital marketing has a positive and significant direct effect on customer loyalty, but product quality does not have a direct effect on loyalty. Indirectly, digital marketing and product quality have a significant effect on loyalty through customer satisfaction.

 

Keywords: digital marketing, customer satisfaction, loyalty, path analysis, product quality.                                                              


Full Text:

PDF

References


Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi kasus pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322.

Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.

Aryanto, V.D.W., & Wismantoro, Y. (2020). Marketing Digital Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. PT. Kanisius.

Fahrika, A., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Online Marketing dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Online Shop Joyism Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(4), 52–63.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Maupa, H., Sambo, Y., & Maming, D. (2020). Pengaruh Online Marketing dan Word of Mouth Communication Terhadap Customer Satisfation Melalui Estetika Produk pada Perusahaan Ampa Bakery Takalar. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika, 17(1), 43–68.

Muljono, R.K. (2019). Digital Marketing Concept Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk Membuat Perubahan Besar. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Primadhita, Y., Budiningsih, S., & Primatami, A. (2018). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Perempuan Berwirausaha. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 161–167.

Puspitasari, N.P.D., Nabillah, A.D., Bahari, R., Caksono, N.D., & Mustika. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. Journal Scientific and Applied Informatics, 2(2), 165–171.

Saputra, A., Papilo, P., & Mariza, M. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Duta Merek Terhadap Kesadaran Merek PT ABC Regional Riau. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri 12, 1 Desember 2020, 462–469.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v18i1.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor