LOYALITAS MAHASISWA: DAMPAK PERSEPSI BAURAN KOMUNIKASI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI

Heru Mulyanto, Agnes Ashanti, Meli Andriyani, Arief Teguh Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi bauran komunikasi (penyerapan informasi mahasiswa atas iklan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas yang dilakukan perguruan tinggi) terhadap proses keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi serta dampaknya pada loyalitas mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 130 responden yaitu mahasiswa yang ada di wilayah Bekasi. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan sebagai alat analisis menggunakan AMOS 23. Penelitian menghasilkan temuan bahwa penyerapan informasi atas bauran komunikasi berpengaruh terhadap proses keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi dan berdampak pada loyalitas mahasiswa di wilayah Bekasi. Penyerapan informasi promosi penjualan dan publisitas berpengaruh positif terhadap proses keputusan memilih perguruan tinggi. Penyerapan informasi iklan dan personal selling tidak berpegaruh terhadap proses keputusan memilih perguruan tinggi. Proses keputusan memilih perguruan tinggi berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa.

Kata kunci: Bauran Komunikasi; Iklan; Promosi Penjualan; Personal Selling; Publisitas; Proses Keputusan; Loyalitas


Full Text:

PDF

References


Adeputra, Muhamad Arif, & Rachmawati, Indira. (2017). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembeli Produk Oppo Smartphone di Kota Bandung. e-Proceeding of Management, 4(3), 2180, Desember 2017.

Afnina. (2011). Pengaruh Strategi Bauran Promosi terhadap Sikap Konsumen dalam Mengambil Keputusan Menjadi Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa. Tesis. Universitas Sumatera Utara. Program Pascasarjana.

Dewi, Nila Kasuma, dkk. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 11-29, Mei 2012.

Dharmawansyah, dkk. (2014). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(4), Oktober-Desember 2014.

Fahruddin, Farina Musdalifa, & Farah Oktafani. (2015). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Proses Keputusan Mahasiswa Memilih Telkom University (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University Angkatan 2011 sampai dengan Angkatan 2014). e-Proceeding of Management, 2(1), 621, April 2015. ISSN: 2355-9357.

Fahrudin, Muhammad Fajar, & Emma Yulianti. (2015). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(1), 149-162. May-October.

Fajarsih, Indah Suciana. (2019). Pengaruh Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, dan Public Relations terhadap Keputusan Memilih. Tugas Akhir. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Surakarta.

Hermawan, Haris. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(1), 84-93. ISSN: 2623-0879. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/5904

Grewal, Dhruv, & Levy, Michael. (2014). Marketing, Fourth Edition. New York: The McGraw-Hill.

Kotler, Philip, & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga

Mulyanto, Heru, & Anna Wulandari. (2010). Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV. Agung.

Nurbani, Aep, dkk. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Kepercayaan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2).

Permatasari, Yuli. (2014). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktik Manajemen Laba. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Sitorus. (2014). Pengaruh Harga dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada CV Sanfremy Pratama Medan. Jurnal

Informatika, 2(2). https://doi.org/10.36987/informatika.v2i2.200

Susdiarto, dkk. (2013). Pengaruh Produk dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Mediasi pada PT. Pertani (Persero) Cabang Pekalongan. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 1(2).

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wantara. Pribanus. (2015). The Relationships among Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty in Library Services. International Journal of Economics and Financial Issues.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor