ANALISIS TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN WARDAH COSMETICS

Anik Ariyanti, Rochmad Fadjar Darmanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi peningkatan minat beli konsumen pada Wardah Cosmetics yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kualitas produk, label halal, dan brand awareness. Tujuan penelitian adalah mengukur pengaruh kualitas produk, label halal, dan brand awareness terhadap minat beli konsumen Wardah Cosmetics di “Drugstore Skincare” Aeon Cakung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, studi kepustakaan, dan penyebaran kuesioner ke 100 responden. Hasil Uji F diketahui nilai 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model persamaan dapat digunakan untuk memprediksi bahwa kualitas produk, label halal, dan brand awareness terbukti berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Pembuktikan ini menunjukkan bahwa kualitas produk, label halal, dan brand awareness secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen Wardah Cosmetics.

Kata kunci: Brand Awareness; Kualitas Produk; Label Halal; Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Abdurachman. (2004). Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(1). https://doi.org/10.9744/jmk.6.1.pp.%2034-53.

Aini, A. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Wardah di Salatiga. Skripsi. IAIN Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5647.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cahyati, R., Jonathan, R., & Hariyadi, R. M. (2016). Pengaruh Pencantuman Label Halal terhadap Minat Beli Luwak White Coffee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Ekonomia, 5(3).

Febrian, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Lembur Batik. Jurnal Ekono Insentif. 13(1), 41-55, April 2019. https://doi.org/10.36787/jei/vi3i1.86

Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hastuti, F. M. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Wardah. Jurnal Skripsi UII Yogyakarta.

Hamdani, A., & Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., Bower, J., & Makens, J. (1999). Marketing for Hospitality and Tourism, 2nd ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Karundeng, N., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Home Industry Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2). p-ISSN 2338-9605; e-2655-206X.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Mulyani, M., Zahara, Z., & Santi, I. N. (2015). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Lipstik Merek Wardah pada Mahasiswa Universitas Tadulako Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1(3), September 2015 hal.279-286. ISSN 244-3578. https://jimutuntad.com/inde.php/jimut/article/viewFile/29/29

Nurhikmah, N., Ramadhoni, B., & Nurinaya, N. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Attitude terhadap Minat Pembelian Konsumen pada Produk Indihome di Wilayah Telekomunikasi (Witel) Makassar. Balance Jurnal Ekonomi, 14(2), Nov 2018. https://doi.org/10.26618/jeb.v14i2.2075

Pramono, A. G. S., & Sukmawati, S. (2012). Pertimbangan dalam Membeli Produk Barang maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.

Rangkuti, Freddy. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sudrajat. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasa (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suhadi. (2005). Effective Branding, Bulletin Studi Ekonomi, 13(2).

Supranto, J. (1998). Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2009). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardani, H. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/5457/1/112411082.pdf

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian Kosmetik melalui Variabel Persepsi Mediasi (Studi pada Civitas Akademik Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), Maret 2019. http://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984

Yamit, Z. (2001). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonosia.

Yuliati, A. L., & Maulidi, R. A. (2017). Pengaruh Tingkat Brand Awareness terhadap Minat Beli Apple iPhone. Jurnal ISEI Business and Management Review, 1(1), 7-18. https://doi.org/10.36217/ibmr.v1i1

PP No.69 Tahun 1999 tetang Label dan Iklan Pangan. itjen.kemenag.go.id

https://yonulis.com

www.bisnis.com

www.kemenperin.go.id/statistik-industri

www.openlibrary.telkomuniversity.ac.id

www.wardahbeauty.com




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor