PENGARUH K~3 “KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA” DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN INDUSTRI PINTU KAYU DI KABUPATEN MAJALENGKA

Edi Wibowo, Titin Maidarti, Inti Nuswandari

Abstract


Karyawan perusahaan adalah aset penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini mengetahui adanya pengaruh antar variabel yang ada yaitu K~3 “Keselamatan & Kesehatan Kerja”, dan Perilaku Inovatif dalam mempengaruhi Produktivitas Karyawan Industri Pintu Kayu Kabupaten Majalengka. Populasi penelitian adalah Karyawan Industri Pintu Kayu. Sample penelitian ini sebanyak 67 orang. Pada penelitian ini pengambilan data untuk analisa dengan membuat kuisioner menggunakan teknik pengukuran analisis skala Likert. Teknik analisa yang dipakai yaitu analisis regresi linear ganda. Metode analisa regresi linier berganda dan nilai koefisien determinasi dipakai sebagai alat analisis, untuk pengujian hipotesisnya menggunakan uji-t & uji-F diolah dengan program SPSS νersi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan K~3 “Keselamatan & Kesehatan Kerja”, Perilaku Inovatif mempunyai pengaruh arah positif serta signifikan terhadap Produktivitas Karyawan.

 

Kata kunci:

 

K~3 “Keselamatan & Kesehatan Kerja”, Perilaku Inovatif, Produktivitas Karyawan


Full Text:

PDF

References


Arifin, Alvin. 2014. Pengaruh Pemberdayaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan CV. Catur Perkasa Manunggal). Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), h: 125-132.

Anjani, Merysa dkk. 2014. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. International Power Mitsui Operation and Maintenance Indonesia (IPMOMI) Paiton). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 9 No.1 April 2014 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id. Diakses pada tanggal 13 Februari 2017.

Bushyairi M, Tosungku, Oktaviani. 2014. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Produktivitas Kerja karyawan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 13, No. 2, Des 2014

Dessler, Gary. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh. PT. Indeks. Jakarta.

Dewi, Rijuna. 2006. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT.Ecogreen Oleochemicals MedanPlant. Skripsi Fakultas EkonomiUniversitas Sumatera Utara. Medan.Diakses pada tanggal 13 Februari 2017.

Mulyanto, H dan Wulandari, A, Penelitian Metode dan Analisis. CV. Agung, Semarang, 2010.

Pramayani, Adnyani. 2018. Pengaruh Pemberdayaan, Perilaku Inovatif,dan Motivasi Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Bumbu Bali Restoran Tanjung Benoa Badung, Bali. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 2, Nomor 1, Desember 2018.

Rahmawati, Desi. 2013. Pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan PR Fajar Berlian Tulungagung. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO Vol. 1.No.1 Tahun 2013.

Tsenawatme, Aleks. 2014. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Depatmen Social Outreach & Local Development dan Community Relations (CR) PT. Freeport Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. Diakses pada tanggal 1 Mei 2014.

Triastuti, Yuli, Jayadi, Sutarto. 2019. Kompetensi dan Kompensai pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue . Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 16 No. 01 - Juni 2019

Wartana, I Made Hedy. 2011. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan Pada Como Shambala Estate At Begawan Giri Ubud Bali. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata. Volume 1 No.1. Hal: 14-34.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor