PENGELOLAAN MEREK PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DAERAH NELAYAN CILINCING JAKARTA UTARA

Siti Mahmudah, Muhamad Asari, Esti Handayani

Abstract


ABSTRAK

 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan pengaruh antar variabel yang ada yaitu rekognisi, reputasi, afinitas, loyalitas merek terhadap keputusan membeli. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli produk olahan ikan para nelayan Cilincing Jakarta Utara. Jumlah sampel yang digunakan adalah 104 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik insidental sampling. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan analisis dibantu dengan Program SPSS. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh antara rekognisi, reputasi, afinitas, loyalitas merek terhadap keputusan membeli produk olahan ikan di daerah nelayan Cilincing Jakarta Utara.

 Kata Kunci: Rekognisi, Reputasi, Afinitas, Loyalitas Merek, Keputusan Membeli


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alamgir, M., Nasir, T., Shamsuddoha, M., Nedelea, A. 2010. Influence of brand name on consumer decision making process an empirical study on car buyers. University of Chittagong, Bangladesh.

Altekar, S., Keska, A. 2014. A study of the factors impacting the buying decision process vis-à -vis specified consumer durables in NOIDA. Journal of General Management Research, 1 (2):111–123.

Celeste, V. S. 2017. Pengaruh reputasi perusahaan terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening. Jurnal Akuntansi Manajerial, 2 (2):24-36.

Chen, Y. S., Chen, T. J., Lin, C. C. 2014. The analyses of purchasing decisions and brand loyalty for smartphone consumers, department of business administration. Tainan University of Technology, Taiwan, 14 (1).

Durianto, D., Sugiarto, Sitinjak, T. 2004. Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Durmaz, Y. 2014. The influence of cultural factors on consumer buying behaviour and an application in Turkey.

Hasan, S. A., Subhani, M. I., Osman, M. A. 2012. consumer criteria for the selection of an islamic bank: evidence from Pakistan. Internationa Researchl Journal of Finance and Economics (IRJFE).

Kazmi, S. Q. 2012. consumer perception and buying decisions (the pasta study). International Journal of Advancements in Research & Technology, 1 (6).

Kotler, P., G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran, edisi 12, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

______. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran, edisi 13, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mahmudah, S., Asari, M. 2019. Perempuan berwirausaha: inovasi, pengakuan kemampuan peluang dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM di DKI Jakarta. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21 (2).

Simamora, B. 2006. Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia.

Sudomo, St. 2013. Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi kasus konsumen pepsodent di Kabupaten Bantul). JBMA, 1 (2): 2252-5483.

Supranto, Limakrisna. 2011. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i1.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor