PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN

Rizka Bayu Aditya

Abstract


ABSTRAK

 

Kepuasan pelanggan, sangat dipengaruhi oleh kualitas layanan, serta ditentukan oleh kualitas harga dan produk. Penelitian ini dilaksanakan di PT Tirta Kencana Mekar Tangerang dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan air minum dalam kemasan (AMDK) yang berjumlah 43 sampel responden, kemudian dilakukan analisis data secara kuantitatif, yaitu uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik serta analisis regresi berganda, dimana pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, kemudian dilakukan analisis koefisien determinasi. Hasil dari pengujian hipotesis ditemukan terdapat tiga variabel independen yang diteliti terbukti secara mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Kemudian setelah melalui uji F diketahui pula bahwa variabel kualitas produk, harga, dan layanan memang layak dalam menguji variabel kepuasan pelanggan. Angka adjusted R square menunjukan bahwa 57,7% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 42,3 % dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Layanan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adi, A. F. R. 2012. Pengaruh harga, Kualitas produk, dan Kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan (studi pada waroeng spesial sambal cabang lampersari semarang).

Amir, F., & Amir, F. 2012. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada PT. Hasjrat Abadi di Makassar.

Ardhana, O. 2010. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan (studi pada bengkel caesar semarang).

Erviana, O. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr. Soewondo Kendal.

Fardiani, A. N. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dyriana bakery & cafe pandanaran semarang.

Ghozali, I. 2007. aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Putri, B. A. S. 2012. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus di toko dannis collection pati).

Rahman, D. N. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, persepsi harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada pemancingan ngrembel asri gunungpati semarang.

Subaidi. 2008. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada usaha jasa internet zaisya net di Malang.

Sudirman, D. Y. 2011. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah produk tabungan britama pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) tbk cabang A. Yani Makassar.

Wardhani, E. 2010. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan kedai digital 23 di Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor