PENGARUH MODAL KERJA, RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA

Sugoto Sulistyono, Liza Novia, S.M. Parulian Tanjung

Abstract


ABSTRAK

Modal kerja merupakan aspek paling penting bagi tiap perusahaan karena modal kerja merupakan faktor penentu berjalannya kegiatan operasional jangka pendek dalam perusahaan Kegiatan operasional tersebut berpengaruh pada pendapatan yang diperoleh perusahaan. Bagi perusahaan masalah profitabilitas sangat penting, profitabilitas dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan pimpinan pada suatu perusahaan. Nilai perusahaan sangat penting karena dengan nilai perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja, return on assets (ROA) terhadap nilai perusahaan. Data dikumpulkan berdasarkan Laporan Keuangan dari 10 perusahaan farmasi di yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014–2018. Pengujian hepotisis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan hasil yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh modal kerja terhadap nilai perusahaan, tidak terdapat pengaruh return on assets (ROA) terhadap nilai perusahaan. Terdapat pengaruh modal kerja dan return on assets (ROA) terhadap nilai perusahaan farmasi di BEI.

Kata Kunci: Modal kerja, Return on Assets (ROA), Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astarani, J. 2016. Pengaruh return on asset (roa) terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility (csr) sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 5 (1):49-76

Brigham, E. F., Houston, J. F. 2006. dasar-dasar manajemen keuangan, edisi 10, edisi Bahasa Indonesia, Terjemah oleh Ali Akbar Yulianto.

_____. 2010. Dasar-dasar manajemen keuangan, buku 1 (edisi II). Jakarta: Salemba Empat.

Denziana, A., Monica, W. 2016. Analisis ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang tergolong LQ45 di BEI periode 2011-2014). Jurnal Akuntansi & Keuangan, 7 (2):241-254.

Nurjanah, D. P. 2014. Pengaruh modal kerja dan struktur modal terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan (studi pada sektor aneka industri yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) periode 2009-2012. Jurnal Administrasi Bisnis, 8 (2).

Fahmi, I. 2014). Analisis Laporan Keuangan, Bandung: Alfabeta.

Komariyah, S. 2015. Pengaruh return on asset terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang listing di jakarta islamic index (jii) periode 2011-2014. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Munawir, S. 2010. Analisis laporan keuangan, edisi keempat, cetakan kelima belas. Yogyakarta: Liberty.

Sartono, A. 2010. Manajemen keuangan teori dan aplikasi, edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sulistyono, S., Tanjung, S. M. P. 2017. Pengaruh kinerja keuangan terhadap return saham perusahaan sektor makanan dan minuman di BEI. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 14 (1).

Warouw, C. 2016. Pengaruh perputaran modal kerja dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi di bursa efek indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16 (02)




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i1.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor