ANALISIS DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA ASISTEN DEPUTI SDM PARIWISATA DAN HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA KEMENTERIAN PARIWISATA RI

Esti Handayani, Meryati Meryati, Siti Laela

Abstract


Bagi organisasi tak terkecuali lembaga pemerintahan yang sudah mencapai kinerja lembaga yang baik tetap menghadapi permasalahan dalam kelembagaan,  yaitu bagaimana mempertahankan kinerja pegawai agar tetap tinggi.  Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana  pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada salah satu deputi yaitu Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI. Penelitian ini dilakukan selain dengan interview dalam pengumpulan data juga dilakukan  dengan menyebar kuesioner kepada pegawai pada Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI. Kuesioner diisi oleh 67 responden sebagai sampel yang diambil dari total populasi 200 pegawai. Pengambilan jumlah sampel berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah menggunakan skala lima, yaitu dimulai dari skala satu sangat tidak setuju sampai sangat setuju dengan skala lima. Model analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, untuk itu dilakukan juga uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dalam pengolahan data penelitian menggunakan software SPSS. Hasil analisis dan pengolahan data dalam  penelitian ini diperoleh temuan bahwa disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 65,2% pada Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI. Pengaruh Disiplin terhadap kinerja diperoleh hasil sebesar 0,290 yang berarti disiplin memiliki pengaruh yang lebih kecil daripada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 0,527.

 

Kata Kunci:

Disiplin, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai


Full Text:

PDF

References


Arep, Ishak dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Sumber daya Manusia. Universitas Trisakti: Jakarta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan XVI. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ilyas, Yaslis. 2012. Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM Universitas Indonesia.

Irmin, Soejitno dan Abdul Rochim. 2004. Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual dan Emosional. Yogyakarta: Batavia Pers.

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyanto, Heru dan Anna Wulandari. 2010. Penelitian: Metode dan Analisis, CV. Agung, Semarang.

Nitisemito, A.S. 2010. Manajemen Personalia dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pertiwi, Diah, Dilian. 2014. Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pendapatan Pengolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Klaten. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pranata, Rizon. 2014. Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Arga Makmur Bengkulu Utara, Bengkulu: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu.

Pratama, Nur, Aditya. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan PT. Razer Brothers. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Rivai, Veithzal Fauzi dan Basri, MA. 2005. Perfomance Appraisal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Rio, Taufiek, M. 2015. Pengaruh Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Ros In Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Yogyakarta.

Schultz, G.S., Sibbald, R.G., Falanga, V., Ayello, E.A., Dowsett, C., Harding, K., & Vanscheidt, W. 2006. Wound Bed Preparation: A Systematic Approach to Wound Management. Wound repair and regeneration, 11(s1), S1-S28.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.

Sedarmayanti. 2017. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju. Bandung.

Setiyawan, Purnomo Budhi dan Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang. Jurnal Riset Bisnis Indonesia. Vol. 2. No. 2. Juli. Hal. 181 –198. Unissula. Semarang.

Siagian, S. P. 2012. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Simanjuntak. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Singarimbun, Masri & Effendi Sofian. 2009. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Terry, George R. 2006. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Widari, Tri. 2016. Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Badan Kepegawaian Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan