PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SCHNEIDER ELECTRIC – CIKARANG PLANT
Abstract
Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas dan Kepuasan Pelanggan merupakan tiga dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi Loyalitas pelanggan pada PT Schneider Electric–Cikarang Plant. Untuk membuktikan pengaruh ketiganya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui PT Schneider Electric–Cikarang Plant. Penelitian ini dilakukan di PT Schneider Electric–Cikarang Plant dengan mengambil 100 Pelanggan sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi sederhana dan ganda sebagai analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan uji t dan uji F. Penelitian menghasilkan dua temuan sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Terdapat pengaruh secara simultan Persepsi Harga, Kualitas dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Schneider Electric–Cikarang Plant; 2) Terdapat pengaruh secara parsial antara persepsi harga, kualitas dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Schneider Electric-Cikarang Plant. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki persepsi harga, kualitas dan kepuasan pelanggan.
Â
Kata kunci:
Persepsi harga, kualitas, kepuasan pelanggan, loyalitas pelangganFull Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Husen Umar, 2005, Metode Riset, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Indra Yudha Pranata, 2006, Pentingnya Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Guna
Mewujudkan Loyalitas Pelanggan Toast Story Di Kota Malang SkripsI, Fakultas Ekonomi & Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang
Kotler Philip & Garry Amstrong, (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Ketiga Belas, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller (2013) Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indek
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suwarni, 2009, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pengguna Kartu IM3, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Edisi Kedua. Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2.352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor