KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ONLINE | Maskuri | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ONLINE

Muh Ali Maskuri, Ergo Nurpatria Kurniawan, Mursida Kusuma Wardani, Meli Andriyani

Abstract


Berkembangnya teknologi internet dan meningkatnya pengguna internet, membuat kegiatan perdaganganpun mulai mengalami perkembangan. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan internet untuk melakukan promosi dan melakukan perdagangan, bisnis baru dalam dunia digital ini disebut dengan perdagangan elektronik (e-commerce). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan electronic word of mouth terhadap minat beli online Tokopedia. Sampel dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah melakukan belanja online di Tokopedia atau situs belanja online lain. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang yang dipilih menggunakan nonprobabilility sampling melalui kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier sederhana dengan alat bantu software komputer SPSS 22. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah Electronic Word Of Mouth (E_WOM) (0,521), diikuti oleh kepercayaan konsumen (0,421) dan yang terahir adalah kemudahan penggunaan (0,209). Hasil menunjukan bahwa variabel kepercayaan, kemudahan penggunaan dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap minat beli online pada situs Tokopedia. Kata kunci: kepercayaan, kemudahan penggunaan, electronic word of mouth dan minat beli.

Full Text:

PDF

References


Adi Triatma dan Fitriati Akmalia. (2012). Pengaruh Trust dan Penerimaan Teknologi Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Online, Kajian Bisnis dan Manajemen Vol.13 No.1

Azahari Jamaludin. (2013) Investigating The Relationship Between Trust and Intention To Purchase Online, Business and Management Horizns Vol.1 No.1

Duong Hanh Tien et al., (2018). Examining The Influence Of Customer-to customer Electronic Word Of Mouth On Purchase Intention In Social Networking Sites, Asia Pascific Management Review Vol.1

Fachrizi Alwafi dan Rizal Hari Magnadi., (2016). Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online, Diponegoro Journal of Management Vol.5 No. 2

Haekal Azwar dan Widjajanta B. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website Classifieds di Indonesia, Journal Of Business Management and Enterpreneurship Education Vol.1 No.1

Harris, L. C. dan Goode, M. H. (2010). Online Servicecapes, Trust, and Purchase Intention. Journal of Service Marketing. Vol 24 No. 3.

Jalillvand, M,R dan Samiei, N. (2012). The Effect of Electronic Word Of Mouth on Brand Image and Purchase Intention: an empirical Study In The Automobile Industry an Iran, Marketing Intelegence & Planning, Vol. 30, Iss: 4 pp. 460 – 467

Kharisma Rizki H. (2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Secara Online, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.28 No.1.

Laudon, Kenneth C. and Carol Guercio Traver. (2012). E-commerce 2012: business. technology. Society, 8th ed. Harlow: Pearson

Prasetyo Agus Nurrahmanto. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja Pengalaman Berbelanja, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen di Situs Jual Beli Online Bukalapak,com, Diponegoro Journal of Management Vol.4 No.2

Qonita Lutfiah dan Citra Kusuma Dewi. (2016) Pengaruh Perilaku E-WOM Terhadap Online Purchase Intention Pada Produk Online Shop Khayna, e-Proceeding of Management Vol.3 No. 2

Rosian Anwar dan Wijaya Adidarma., (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Terhadap Minat Beli Online, Management dan Bisnis Sriwijaya Vol.14 No.2

Selli Nisrina Faradila dan Harry Soesanto. (2016) Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening, Diponegoro Journal Of Management Vol.5 No.1

Shinta Ayuningrum. (2016) Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Sebelumnya, Kepercayaan Konsumen dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Dalam Transaksi Belanja Online, Diponegoro Journal Of Management Vol.5 No.2

Sri Rahmi Putri dan Rizki Amalia. (2018) Pengaruh E-WOM Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee.id, Jurnal Ilmiah Mahasiswa ekonomi Manajemen Vol.3 No.2.

Surya Bintarti dan Ergo Nurpatria Kurniawan. (2017) A Study of Revisit Intention: Experiential Quality and Image of Muara Beting Tourism Site In Bekasi District, European Research Studies Journal Volume XX, Issue 2A,

Yoon C Cho., (2015). Ekploring Faktors That Affect Usefulness, Ease of Use, Trust and Purchase Intention In The Online Environment, International Journal of Management And Information System Vol.19 No.1




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor