DAMPAK MEDIA PROMOSI ONLINE, BRAND IMAGES DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA

Idham Maulana Oktora, Yoyo Indah Gunawan

Abstract


Penelitian Dampak Media Promosi Online, Brand Images dan Harga terhadap Keputusan Menjadi Mahaiswa Program Sarjana Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari masing-masing variabel terhadap keputusan menjadi mahasiswa. Sampel yang diambil dari populasi yang ada menggunakan rumus slovin didapat jumlah sebanyak 100 responden. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, analisis determinasi, dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji F dan Uji t. Hasil analisis regresi dapat dibuat persamaan regresi berganda sebagai berikut: Y= 2,896 + 0,107 X1 + 0,498 X2 + 0,317 X3 dengan arti koefisien regresi dampak Promosi Media Online bernilai positif sebesar 0,107, koefisien regresi Brand Images bernilai positif sebesar 0,498, koefisien regresi Harga bernilai positif sebesar 0,317, hal ini menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berdampak positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan menjadi Mahasiswa STIE IPWIJA. R Square (R2) sebesar 0,671. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 67,1 % Variabel Media Promosi Online, Brand Images dan Harga secara simultan berdampak terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa, sedangkan sisanya 32,9 % didampaki faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini seperti lokasi, pelayanan, status akreditasi dan lainnya. Uji hipotesis menyatakan Media Promosi Online tidak berdampak secara signifikan terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Karena nilai t hitung (1,587) < t tabel (1,661) atau Sig (0,116) > α (0,05) maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. Brand Images berdampak secara signifikan terhadap Keputusan Menjadi Mahaiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Karena nilai t hitung (7,547) > t tabel (1,661) atau Sig (0,000) < α (0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Harga berdampak secara signifikan terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Karena nilai t hitung (4,044) > t tabel (1,661) atau Sig (0,000) < α (0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Media Promosi Online, Brand Images, Harga dan Keputusan


Full Text:

PDF

References


Amelia Corry (2015) “ Dampak Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pelatihan (Studi Kasus pada Konsumen C&G Training Training Network)”. Skripsi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.

Armstrong, Gary dan Kotler, Philip, (2008), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Erlangga: Jakarta.

Arnot-Blog. III (2016). Pengertian Harga Menurut Para Ahli. [On-line] http://pengertianharga.blogspot.com/2016/03/pengertian-harga-menurut-para ahli.html. Di akses 7 Juli 2019 Jam 16.00.

Astarningrum Widyawati (2013) “Dampak Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Majalah Tempo”. Tesis Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Boone, Louis E., and Kurtz, David L., (2005)., Contemporary Marketing, Ohio: Thomson South Western.

Gozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heru, M.; Anna, W.; (2010). Penelitian Metode dan Analisis. CV. Agung-Semarang

Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler,Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L., (2007), Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Indeks: Jakarta.

Kusniawati (2017) “Dampak Harga , Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamidi Jalan Blora Menteng Jakarta Pusat”. Skripsi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.

Lubis Risyeddin (2015) “Dampak Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Sarinah Departement Store Jakarta”. Tesis Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.

Marsidah (2017) “Analisis Danpak Harga, Tempat dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian OOPS Di SEIBU” Skripsi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.

Prasetomo Lancarya (2016) “Dampak Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian.

Riduwan.; Adun, R.; (2011). Cara Mudah Belajar SPSS 17.00 dan Aplikasi Statistik Penelitian.

Sri Hartanti Septiana (2015) “Analisa Dampak Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. (Studi kasu pada Outlet Zenius Education Jakarta. Skripsi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta).

STIE IPWIJA-Web. VI (2019). Struktur Organisasi STIE IPWIJA. [On-line] http://stieipwija.ac.id/home-page/struktur-organisasi-stie-ipwija. Di akses 7 Juli 2019 Jam 15.15.

STIE IPWIJA-Web. VI (2019). Visi Misi STIE IPWIJA. [On-line] http://stieipwija.ac.id/visi-misi-stie-ipwija. Di akses 7 Juli 2019 Jam 15.15.

The Manajemen Blog’s. X (2009) Faktor yang Mendampaki Keputusan

Pembelian. [On-line] https://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com /2009/10/31/fktr-pngarh-kep-pmblian/. Di akses 1 Juli 2019 Jam 09.00.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta.

Yudhianto-detik.com. IX (2017). 132 Juta Pengguna Internet Indonesia, 40% Penggila Medsos. [On-line] https://inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos. Di akses 20 Juni 2019 Jam 12.45.

Yusuf Frengki (2018) “Dampak Promosi Dan Brand Image Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta Terhadap Minat Mendaftar Calon Mahasiswa Di Kampus Utama Jalan Haji Baping Jakarta Timur”. Skripsi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2.345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan