PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH

Susilowati Budiningsih, Yuridistya Primadhita

Abstract


Kepuasan nasabah dapat dinilai dari kualitas layanan yang diterima oleh nasabah dan kualitas produk yang ditawarkan kepada nasabah. Ketika kualitas layanan dan produk dinilai baik oleh nasabah maka nasabah akan merasa puas dan selanjutnya akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk loyal kepada bank tersebut. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang besar, keberadaan bank syariah memiliki potensi besar untuk mengembangkan pasarnya karena menawarkan kegiatan perbankan yang sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan produk terhadap kepuasan nasabah bank syariah. Analisis kepuasan nasabah dilakukan guna membantu Bank Muamalat terus meningkatkan kualitas layanan dan produknya. Penelitian yang dilakukan terhadap 40 nasabah Bank Muamalat menunjukkan bahwa kualitas layanan dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Full Text:

PDF

References


Ariefianto, Doddy M. 2012. Ekonometrika: Esensi dan Aplikasi dengan Menggunakan Eviews. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Febriana NI. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Bank terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Jurnal Ekonomi Syariah. 3(1):145-168.

Jamaluddin. 2019. Pengaruh Service Performance dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah dalam Membentuk Loyalitas Nasabah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. 11(1):1-22

Kotler P, Armstrong G. 2000. Principle of Marketing 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Otoritas Jassa Keuangan (OJK). Sejarah Perbankan Syariah. Terdapat di: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Sejarah-Perbankan-Syariah.aspx diakses tanggal 24 November 2019.

Primadhita Y, Primatami A, Budiningsih S. 2018. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Keputusan Perempuan Berwirausaha. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 20 No. 03: 161-170.

Satriyanti EO. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, dan Citra Bank terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat di Surabaya. Journal of Business and Banking. 2(2):171-184.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono F. 2008. Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Wijaya H, Beik IS, Sartono B. Pengaruh Kualitas Layanan Perbankan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah XYZ di Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. 3(3):417-426.

Yuliarmi NN, Riyasa P. 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan PDAM Koto Denpasar. 12(1): 9-28.

Yusuf M. 2011. Analisis Kepuasan Nasabah Tabungan Muamalat terhadap Mutu Pelayanan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Fatmawati. Institut Pertanian Bogor (IPB): Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan