PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRODUK TERHADAP TINGKAT PENJUALAN

Esti Handayani

Abstract


ABSTRAK

 

Selain untuk meningkatkan penjualan, bank perlu melakukan strategi bauran pemasaran yaitu salah satunya melalui strategi produk yang handal dalam usaha meningkatkan kualitas tingkat penjualan suatu produk.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana dan sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dan strategi produk dalam meningkatkan penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat.

Peneliti menentukan banyaknya populasi penelitian yang diambil secara acak adalah berjumlah 100 orang nasabah dan sampel diambil berdasarkan jawaban yang diserahkan kembali yaitu 50 responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Kategori jawaban responden penelitian terhadap angket terdiri atas lima skala berdasarkan skala Likert. Dalam pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS. Pengujian statistik yang digunakan adalah dengan perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa dan analisa regresi.

Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil analisa data, ditemukan bahwa koefisien korelasi antara kualitas pelayanan terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,829 dan setelah diuji hipotesa dengan uji t korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.

Koefisien korelasi antara strategi produk terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang sangat kuat, yaitu sebesar 0,776 dan setelah diuji hipotesa dengan uji t korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.

Begitu pula koefisien korelasi antara kualitas pelayanan dan strategi produk secara bersama-sama terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 0,886 dan setelah diuji hipotesa dengan uji F korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.

Kemudian didapat hasil uji koefisien regresinya pun menunjukkan hubungan lurus dan positif dilihat dari kontribusi variabel kualitas pelayanan dan strategi produk terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat dengan persamaan regresi berganda, yaitu: Y = 4,731 + 0,934 X1 + 1,281 X2.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, strategi produk, tingkat penjualan


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Ancelle Hermawan, Penerjemah). Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir, H.A.S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratama, Ayu Aprilia dan Mein Kharnolis. (2017). Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Peningkatan Penjualan di Ovan Putri Bridal and Make-up Surabaya. Jurnal Tata Rias, 6(2), 10-15.

Susetiyo, Bagus Agung, dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Penjualan Karet di PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara), 4(1). ISSN:1979-8164.

Swastha, Basu. (2002). Pengantar Bisnis Modern (Edisi 4). Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Totok Sudiyanto dan Rismansyah. (2017). Analisis Strategi Produk dalam Upaya Meningkatkan Penjualan PT. HTI Bumi Persada Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4): 83-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i1.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan