KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI SAMSUNG EXPERIENCE STORE LOTTE SHOPPING AVENUE

Yuli Triastuti, JAYADI JAYADI, rivat sutarto

Abstract


ABSTRAK

Kinerja karyawan di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kompetensi dan kompensasi. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk  mengetahui pengaruh kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue.

Penelitian dilakukan di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 30 responden atau merupakan sampel jenuh karena jumlah populasi yang ada di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue 30 karyawan. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F dengan bantuan program SPSS ν.24.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kompetensi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan; (2) Kompensasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan. 

 Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kinerja karyawan disarankan  meningkatkan  kompetensi karyawan terus menerus karena  kompetensi memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan kompensasi dalam mempengaruhi kinerja.

 

Kata Kunci: kompetensi, kompensasi, kinerja


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Danu, Radian. (2016). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung.

Gusti. (2013). Analisis Pengaruh Kepemimpinan,Kompensasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Koperasi,UMKM dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta.

Hasibuan, Malayu S. P. (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi Ed). Jakarta: Bumi Aksara.

__________. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kismono, Gugup. (2011). Bisnis Pengantar(2 ed). BPFE UGM: Yogyakarta.

Mangkunegara, A.A, Anwar Prabu. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Rafika Aditama.

__________.(2014).Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyanto, H dan Wulandari, A. (2010).Penelitian: Metode dan Analisis.Semarang: CV.Agung.

Pratama, Arie, dkk. (2012). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja pada PT Indo Stationery Ritel Utama Cabang Samarinda.Publikasi Ilmiah. Universitas Mulawarman.

Ristiana Nunung. (2012). Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja,dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap pada SD/MI Kabupaten Kudus.Skripsi. Kudus.

Rivai, Veithzal.(2006). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktek (1 ed). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Riyanda, Muhammad. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta.

Sholehatusya’diah. (2016). Pengaruh Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Kantor PT. Kitadin Tenggarong Seberang.

Sutrisno, Edy. (2016).Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Penerbit Kencana.

Ulfah, Evi Apriani. (2015). Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru di MTS Al-Ittihad Kecamatan TanjungsariKabupatenBogor. Skripsi. Bogor.

Wibowo. (2013).Manajemen Kinerja (4 ed). Depok: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Zwell, Michael. (2000). Creating a Culture of Competence. New York: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i1.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan