PENGARUH NET FOREIGN FUND DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM

Adrianna Syariefur Rakhmat

Abstract


Pasar modal merupakan sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi. Instrumen investasi yang banyak dipilih oleh para investor adalah saham. Salah satu keuntungan dan kerugian yang dapat diperoleh dari saham adalah capital gain/loss yang disebabkan karena naik turunnya harga saham.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari net foreign fund dan inflasi terhadap harga saham PT Gudang Garam Tbk tahun 2015 – 2017, baik secara parsial ataupun simultan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari hasil publikasi Bank Indonesia pada website resmi BI (www.bi.go.id) untuk inflasi dan hasil publikasi Bursa Efek Indonesia pada website resmi BEI (www.idx.co.id) untuk net foreign fund dan harga saham. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sampel dari penelitian ini yaitu perusahaan dengan harga saham tertinggi di BEI. Metode analisis yang digunakan didalam penelitian ini adalah model analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji regresi serta uji hipotesis.

Hasil penelitian yang didapat setelah melakukan pengujian yaitu bahwa net foreign fund berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Secara simultan net foreign fund dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci: pasar modal, harga saham, net foreign fund, inflasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adnyana, Putu W. P., Kadek Rai Suwena, I Nyoman Sujana. (2017). Pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga dan Kurs Valuta Asing terhadap Return Saham pada Perusahaan Property and Real Estate di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. ejournal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 10(2).

Baskara, Yudha dan Sri Sulasmiyati. (2017). Pengaruh Faktor Fundamental Makroekonomi terhadap Keputusan Investasi Saham oleh Investor Asing di Indonesia (Studi Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2014. Jurnаl Аdministrаsi Bisnis (JАB), 47(1).

Darmadji, Tjiptono, dan Fakhruddin, Hendy M. (2011). Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham dan Yovi Lavianti Hadi. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, Rahmat dan Ari Darmawan. (2017). Pеngaruh Forеign Dirеct Invеstmеnt, Inflasi, Indеks Philippinе Stock Еxchangе, dan Indеks Straits Timеs tеrhadap Indеks Harga Saham Gabungan (Studi Pada Bursa Еfеk Indonеsia Pеriodе 2006-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(1).

Jogiyanto. (2008). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan (1 ed). Jakarta: Prenada Media Group.

Katti, Siti W. B. (2014). Analisis Faktor Makro Ekonomi, Indeks Bursa Global, dan Kepemilikan Saham Asing terhadap Pergerakan Harga Saham di Bursa Efek Indonesia. Ekomaks 3(1).

Kewal, Suramaya S. (2012). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Kurs, dan Pertumbuhan PDB terhadap Indeks Harga Saham Gabungan. Jurnal Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Palembang, 8(1).

Kumalasari, Rindra, Raden Rustam Hidayat, Devi Farah Azizah. (2016). Pengaruh Nilai Tukar, BI Rate, Tingkat Inflasi, dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Pada Indeks Harga Saham Gabungan di Bei Periode Juli 2005-Juni 2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 34(1).

Mayzan, Muhamad B., & Sri Sulasmiyati. (2018). Pengaruh Kurs Rupiah, BI Rate, Net Foreign Fund dan Indeks Dow Jones terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Pada Periode Pemberlakuan Quantitative Easing Federal Reserve). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1).

Nopirin. (2012). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Yogyakarta: BPFE.

Nurfadillah, Mursidah. (2011). Analisis Pengaruh Earning Per Share, Debt To Equity Ratio dan Return On Equity terhadap Harga Saham PT. Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 12(1).

Ouma, Wycliffe N. (2014). The Impact of Macroeconomic Variables on Stock Market Returns in Kenya. International Journal of Business and Commerce, 3(11).

Permana, Yogi dan Lana Sularto. (2008). Analisis Pengaruh Fundamental Keuangan, Tingkat Bunga SBI dan Tingkat Inflasi terhadap Pergerakan Harga Saham. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Gunadarma Jakarta, 13(2).

Putong, Iskandar. (2015). Ekonomi Makro: Pengantar Ilmu Ekonomi Makro untuk Mahasiswa. Buku & Artikel Karya Iskandar Putong. https://books.google.co.id/

Setyaningrum, Rani dan Muljono. (2016). Inflasi, Tingkat Suku Bunga dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(2).

Setyorini, Minarsih, Maria M., dan Haryono Andi T. (2016). Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada 20 Perusahaan Periode 2011-2015). Journal Of Management, 2(2).

Sukirno, Sadono. (2008). Teori Pengantar Makroekonomi, (3 ed). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sunariyah. (2011). Pеngantar Pеngеtahuan Pasar Modal (6 ed). Sеkolah Tinggi Ilmu Manajеmеn YKPN, Yogyakarta.

Tandelilin, Еduardus. (2010). Portofolio dan Invеstasi: Tеori dan Aplikasi (10 ed). Yogyakarta: Kanisius.

Wardani, Dewi K., Andarini, Devita F. T. (2016). Pengaruh Kondisi Fundamental, Inflasi, dan Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia terhadap Harga Saham (Study Kasus pada Perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i1.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan