PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MEDIS DAN INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Yoyo Indah Gunawan, Martono Saragih

Abstract


Pada penelitian ini ada dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan medis terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor dan tujuan kedua adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi layanan administrasi terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor.

Penelitian dilakukan di Klinik Gracia Bogor dengan mengambil 100 pasien sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus Slovin dari total populasi 5000 pasien pada margin error 10%. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Metode penarikan sampel dengan teknik non-probability sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan sebagai alat analisis dan uji-F sebagai uji kelayakan model sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t.

Penelitian menghasilkan dua temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kualitas pelayanan medis memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor; 2) Inovasi layanan administrasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor.

Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan pasien disarankan agar terus meningkatkan kualitas pelayanan medis dan membuat inovasi pada layanan administrasi pada Klinik Gracia Bogor.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan medis, inovasi layanan administrasi, kepuasan pasien


Full Text:

PDF

References


Asmita, P. W. (2008). Analisis Pengaruh Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Tesis. Semarang.

Changkaew, Laphasrada. (2012). Three Dimensions Model: Satge for Service Innovation in Hospital. 4(4).

Delafrooz, Narges et.al. (2013). The Impact of Service Innovation on Consumer Satisfaction. 3(2).

Dhewanto, Wawan, dkk. (2014). Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: Andi

Gunawan, Wely Hadi. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis dan Pelayanan Administrasi terhadap Loyalitas. Skripsi Sarjana. Fakultas Diponegoro Semarang.

Haqi, Faisal. (2017). Inovasi Pelayanan Publik E-Health di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Skripsi Sarjana. Universitas Jember.

Hardianto, Fandam Nanang. (2017). Inovasi Layanan Administrasi Kependudukan Melalui Program Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMAde) di Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Sarjana. Universitas Jember.

Kotler dan Armstrong. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed, Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muda, Tryhaji Diwanshah. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Tenaga Medis terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Kabupaten Batang, Skripsi Sarjana. Fakultas Diponegoro Semarang.

Mulyanto, H dan A. Wulandari. (2010). Penelitia Metode dan Analisis, Semarang: CV. Agung.

Muslichati, Ela Zakiya. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Sakit Buah Hati di Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Semarang.

Parasuraman, A., Valerie A. Zeithmal and Leonard L. Berry. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication For Future Research. Journal of Marketing, 49(Fall).

Sulastiyono, Agus. (2006). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2000). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

_________. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan