REPUTASI DALAM MENDORONG KEPERCAYAAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PRODUK MAKANAN UMKM DI CILEUNGSI | Mulyanto | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

REPUTASI DALAM MENDORONG KEPERCAYAAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PRODUK MAKANAN UMKM DI CILEUNGSI

Heru Mulyanto, Rasipan Rasipan, Meli Andriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reputasi dalam mendorong kepercayaan dan minat beli konsumen produk makanan UMKM di Cileungsi..

Penelitian dilakukan di Cileungsi Kabupaten Bogor dengan jalan menyebarkan kuesioner konsumen produk makanan UMKM. Konsumen yang dijadikan adalah sebanyak 100 orang dimana pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Data hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan model persamaan structural (Structural Equation Modelling).

Reputasi mempengaruhi minat beli konsumen produk makanan UMKM secara langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaan yaitu reputasi meningkatkan kepercayaan dan mendorong minat beli konsumen: 1) Reputasi berpengaruh terhadap kepercayaan dengan arah positif; 2) Kepercayaan berpengaruh terhadap minat beli konsumen UMKM makanan dengan arah positif; 3) Reputasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen UMKM makanan dengan arah positif

    

Kata Kunci: Reputasi, Kepercayaan, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ambarwati, M., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 7.

Burhanudin, R. (2017). Pengaruh Iklan Traveloka di Televisi Terhadap Minat Beli Konsmen (Studi di Indonesia). e-Proceeding of Management, 4(2), 7.

Dama, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 12.

Dharma, Fitra. 2006. Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Terhadap Trust Pengguna Internet di Sistem E-Commerce. Simposium Nasional Akuntansi 9. (F.Tilaar. et al.), Padang.

Doh, S., & Zolnik, E. J. (2011). Social Capital and Entrepreneurship: An Exploratory Analysis. African Journal of Business Management, Vol. 5, No. 12, 4961-4975.

F. Tilaar., S.L.H.V.J.Lapian., & F.Roring. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shoppe secara Online pada Anggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA, 6(4), 10.

Heru Mulyanto 2012. Kepuasan dan Kepercayaan dalam Mempengaruhi Komitmen Peritel Mebel di Jabodetabek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol. 14 No. 2 – Agustus 2012. LP2M STIE IPWIJA: 143-156.

I Gede Yogi Pramana dan Ni Made Rastini. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 706-733.

Jarvenpaa, Sirka. L et al. 2000. Consumer Trust in an Internet Store. Information Technology and Management 1. (F.Tilaar. et al.); pp 45-71.

Jihad Kamilullah, Ari Kusyanti, Himawat Aryadita. 2016. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan, dan Reputasi Terhadap Loyalitas Konsumen Online Shop Dalam Pembelian Produk di Toko XYZ; Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X; Vol. 2, No. 7, Juli 2016, hlm. 2660-2669.

Josang, Audun. 2007. Trust and Reputation system. Foundations of Security Analysis and Design IV. (F.Tilaar. et al.), Australia.

Maghfiroh, A. a., Arifin, Z., & Sunarti. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 40(1), 9.

Marsyel Thixman dan Kartika Gianina Tileng. 2016. Analisis Pengaruh Usability, Reputasi dan Keamanan Terhadap Kepercayaan Masyarakat dalam Bertransaksi Menggunakan E-Money di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi-Aiti, Vol. 14. No.1, Februari 2016 : 1 – 103).

Meilani, Y. F. C. P., & Simanjuntak, S. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), 9.

Metha Aryska. 2017. Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). JOM FISIP Vol. 4 No. 1 – Februari 2017 Page 1.

Miles, Morgan P & Jeffrey G. Covin, 2000, “Environmental Marketing: A Source of Reputational, Competitive and Financial Advantageâ€, Journal of Business Ethics.

Moorman, Christin, Gerald Zaltman and Rohit Deshpande (1993) Relationships Between Provider and Users of Market Reseat: The Dinamics of Trust Within and Between Organzsations, Journal Marketing Research, Vol XXXIX, 314-28.

Muhammad Rafiq dan Bayu Tri Kurniawan. 2009. Pengaruh Reputasi Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Terhadap Rumah Sakit Umum Pringsewu; JMK Vol. 7 No. 4, September 2009: 129-138.

Mulyo Budi Setiawan dan Ukudi. 2007, Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada PD BPR Bank Pasar Kendal. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) September 2007, Hal. 215-227 ISSN: 1412-3126 Vol. 14, No.2.

Novel Reonald. 2016. Pengaruh Reputasi Perusahaan Rental dan Relationship Value Terhadap Kepercayaan dan Komitmen serta Loyalitas Perusahaan Pengguna Jasa Persewaan Kendaraan di Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomika Vol 5, No 2: (Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah)-EKONOMI-UWGM: 90-104.

Rachmawati, R. M., Wahyudi, H. D., & A.P., A. H. (2016). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Melalui Persepsi Risiko Pada Transaksi Jual Beli Online Melalui Media Sosial (Rachmawati et al.). Jurnal Ekonomi Bisnis, 21(","), 11.

Raharjo, R. M., & Mulyanto, H. (2018). Kualitas Produk, Citra Merek dan Minat Beli Konsumen Keripik Singkong. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(1), 12.

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal, 11.

Simamora., B, 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Pustaka Utama, Surabaya.

Suryawardana, E., & Yani, T. E. (2015). Analisis Pengaruh Reputasi, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Di kota semarang. J. DINAMIKA SOSBUD, 17(2), 12.

Wulandari, A., & Rasipan. (2017). Peran Reputasi dalam Mendorong Kepercayaan Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 14(2), 12.

Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., dan Foxall, G. R. 2003. A Proposed Model of Trust for Electronic Banking, Technovation.

Yuniyanto, H. R., & Sirine, H. (2018). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(1). doi: 10.15408/ess.v8i1.5885.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i2.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor