PENGARUH PERENCANAAN, EFEKTIVITAS DAN OPTIMALISASI DAYA SERAP ANGGARAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI KEMENTERIAN PERTAHANA

leo sugoto, I Gusti Ayu Arminiati

Abstract


Perencanaan, efektivitas, dan optimalisasi daya serap anggaran merupakan tiga dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja pegawai pada Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan. Untuk membuktikan pengaruh ketiganya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan, efektivitas dan optimalisasi daya serap anggaran pada Direktorat Jenderal Strategi Kementerian Pertahanan.

Penelitian dilakukan di Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan dengan mengambil 50 responden, sebagai sampel penelitian waktu penelitian selama 3 bulan. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F yang diolah dengan software SPSS 22. Dari data-data yang telah mempengaruhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 7,078 + 0,306X1 + 0,406 X2 + 0.490X3.

Penelitian menghasilkan empat temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Perencanaan memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan arah positif yang mempunyai nila sebesar 0,306 atau 30,6%; 2) Efektivitas memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan arah positif yang mempunyai nilai sebesar 0,406 atau 40,6%; 3) Optimalisasi daya serap anggaran memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan arah positif yang mempunyai nilai sebesar 0,490 atau 40,9%. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kinerja pegawai disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki percanaan, efektivitas dan optimalisasi daya serap anggaran

 

Kata Kunci: perencanaan, efektivitas, optimalisasi daya serap anggaran


Full Text:

PDF

References


Barry, Cushway. (2002). Human Resource Management. Jakarta: PT. Gramedia.

Handayaningrat, Soewarno. (1990). Pengantar Study Administrasi Dan Manajemen. Jakarta: CV Haji Masagung.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurniawan, Agung. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyanto, H dan A. Wulandari. (2010). Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV Agung.

Prasetyo, Adi Priatno. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penyerapan Anggaran Pada Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Blitar. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Sutrisno, Edi. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, (1 ed). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i1.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan