ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN SARI ROSO

Titin TM Maidarti, Meryati Meryati

Abstract


Pada konsep marketing, loyalitas erat kaitannya dengan konsumen atau loyalitas konsumen yang tidak lain merupakan bentuk kesetiaan konsumen terhadap produk tertentu dan bagi perusahaan dengan memiliki konsumen yang loyal tentu akan memberi keuntungan, di antaranya tidak mudah konsumen tersebut dipengaruhi agar berpindah ke produk pesaing, bahkan konsumen yang loyal akan besar kemungkinan untuk selalu memberi rekomendasi kepada konsumen lain untuk memanfaatkan produk tersebut.

Adapun dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah pelaksanaan bauran pemasaran melalui strategi promosi dan strategi produk yang dikaitkan pada tingkat loyalitas konsumen. Jadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak pengaruh dan seberapa besar kontribusi pengaruh antara strategi promosi dan strategi produk terhadap peningkatan kualitas loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana dan sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan dan strategi produk dalam meningkatkan loyalitas konsumen pada Restoran Sari Roso.

Peneliti menentukan banyaknya populasi penelitian yang diambil secara acak adalah berjumlah 100 orang konsumen dan kemudian digunakan teknik penarikan sampel dengan menggunakan model rumus Slovin sehingga diperoleh 50 responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Kategori jawaban responden penelitian terhadap angket terdiri atas lima skala berdasarkan skala Likert. Dalam pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS. Pengujian statistik yang digunakan adalah dengan perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa, dan analisa regresi.

Kualitas pelayanan dan strategi produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Restoran Sari Roso, dengan persamaan regresi berganda yaitu sebagai berikut: Y = 4,731 + 0,934 X1 + 1,281 X2.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Strategi Produk, Loyalitas Konsumen



Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Diterjemahkan oleh Ancellawati Hermawan. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kuriwati, Nirma. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas konsumen. Jurnal Manajemen. Madura: Universitas Trunojoyo.

Moenir, H. A. S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sigit, Reza Dimas. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna Jasa Lapangan Futsal. Jurnal Manajemen. Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i2.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor