DAMPAK FASILITAS IBADAH, MAKANAN HALAL, DAN MORALITAS ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG YANG DIMEDIASI CITRA DESTINASI WISATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen, yaitu atribut Islam destinasi (fasilitas ibadah, makanan halal, moralitas Islam), pada keputusan untuk mengunjungi Jakarta turis Arab Saudi dengan citra destinasi wisata sebagai mediating variable. Data penelitian ini didasarkan pada 200 responden yang telah mengisi kuesioner tercetak, dan mereka yang pernah mengunjungi Jakarta. Metode Slovin sampling digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui jumlah sampel yang mewakili populasi. Metode analisis yang digunakan adalah SEM melalui perangkat lunak AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh atribut Islam (fasilitas ibadah, makanan halal, moralitas Islam) pada keputusan mengunjungi Jakarta dengan citra destinasi pariwisata sebagai mediator. Saran yang diberikan, pemerintah harus mewajibkan semua pemilik bangunan/manajer untuk menyediakan ruang bagi umat Islam untuk beribadah, tempat ibadah ini harus tersedia di tempat hiburan, mal, hotel, bandara, stasiun, ruang publik, dan sebagainya. Di sisi lain, Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus lebih agresif dalam mengawasi makanan dan minuman yang beredar di pasar. Penelitian ini tentunya memiliki beberapa keterbatasan, sehingga penelitian lebih lanjut sangat dianjurkan untuk melakukan survei atau penelitian di kota-kota lain, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Selanjutnya, penelitian kualitatif dan dengan pendekatan longitudinal juga dapat dilakukan untuk peneliti masa depan untuk melihat perbedaan hasil. Akhirnya, penelitian selanjutnya disarankan untuk menganalisis variabel lain di luar model penelitian ini seperti kesetiaan destinasi dan kepuasan destinasi sebagai variabel dependen.
Â
Kata Kunci: Fasilitas Ibadah, Makanan Halal, Moralitas Islam, Citra Destinasi Pariwisata, Keputusan Untuk Berkunjung
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdullah, F. 2012. The Role of Islam in Human Capital Development: a juristic analysis source: Humanomics, 28 (Issue; 1).
Abubakar, A. M & Mustafa Ilkan. 2016. Impact of Online WOM on Destination Trust and Intention to Travel: A Medical Tourism Perspective. Journal of Destination Marketing & Management: 1–10.
Batrawy, A. 2015. Halal Tourism on The Rise with Apps and Curtained Pool Decks. Retrieved from: http:// www.stuff.co.nz/travel/themes/family/73392534/Halal-ourismn-he-iseithppsndurtained-olecks. Accessed on 18/4/2018.
Battour, M., Moustafa Battor & M. A. Bhatti. 2013. Islamic Attributes of Destination: Construct Development and Measurement Validation, and Their Impact on Tourist Satisfaction. International Journal of Tourism Research, Vol. 16: 556-564.
Battour, M & M. N. Ismail. 2014. The Role of Destination Attributes in Islamic Tourism. SHS Web Conference.
Battour, M., M. N. Ismail & M. Battor. 2010. The Impact of Destination Attributes on Moslem Tourist’s Choice. International Journal of Tourism Research.
____________. 2011. The Impact of Destination Attributes on Moslem Tourist’s Choice. International Journal of Tourism Research. Vol. 13, Iss. 6: 527–540.
BPS. Central Bureau of Statistics Jakarta. 2015.
Chahal, H & Asha Devi. 2015. Destination Attributes and Destination Image Relationship in Volatile Tourist Destination: Role of Perceived Risk. Metamorphosis, 14(2): 1–19.
Ghozali, I & Fuad. 2008. Structural Equation Modeling. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). New Jersey: Pearson.
Han, H & Y. Kim. 2010. An investigation of Green Hotel Customers’ Decision Formation: Developing an Extended Model of the Theory of Planned Behavior. International Journal of Hospitality Management 29: 659–668.
Hsu, S. C., Chin T. Lin & Chuan Lee. 2017. Measuring The Effect of Outbound Chinese Tourists Travel Decision-Making Through Tourism Destination Image and Travel Safety and Security. Journal of Information & Optimization Sciences, Vol. 38 No. 3 & 4: 559–584.
Inkson, Clare & Lynn Minnaert. 2012. Tourism Management and Introduction. India: Replika Press Pvt Ltd.
Jang, S & R. Feng. 2007. Temporal Destination Revisit Intention: The Effects of Novelty Seeking and Satisfaction. Tourism Management, 28(2): 580-590.
Jalilvand, M. S. N. 2012. The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention: An Empirical Study in The Automobile Industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, Vol. 30 No. 4: 460-476.
Jorgensen, L. 2004. An Analysis of A Destination’s Image and The Language of Tourism. The Aarhus School of Business.
Kotler, P & Gary Armstrong. 2018. Principles of Marketing. Global Edition.
Lee, M. C. 2009. Factors Influencing the Adoption of Internet Banking: An Integration of TAM and TPB with Perceived Risk and Perceived Benefit. Electronic Commerce Research and Applications, 8(3): 130–141.
Molina, A & Mar Gómez. 2010. Tourism Marketing Information and Destination Image Management. Retrieved from: www.academicjour nals.org/journal/AJBM.
Pantano, E & Servidio, R. 2011. An Exploratory Study of The Role of Pervasive Environments for Promotion of Tourism Destinations. Journal of Hospitality and Tourism Technology, Vol. 2 No. 1: 50-65.
Priyatno, D. 2011. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Rahman, Muhammad Khalilur. 2014. Motivating Factors of Islamic Tourist’s Destination Loyalty: An Empirical Investigation in Malaysia. Journal of Tourism and Hospitality Management, Vol. 2, No. 1: 63-77.
Rahman A., Ab Rahman S., Abu Samah A. Prabowo S, Abd. 2015. Revealing Factors Hindering Halal Certification in East Kalimantan Indonesia. J. Islamic Mark, 6(2): 268-291.
Tavitiyaman, Pimtong & Hailin Qu, 2013. Destination Image and Behavior Intention of Travelers to Thailand: The Moderating Effect of Perceived Risk. Journal of Travel and Tourism Marketing, 30: 169-185.
Yalcinkaya, R. 2007. Police Officers’ Adoprion of Information Technology: A Case Study of The Turkish POLNET System. Unpublished Dissertation. Univesity of North Texas.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i2.234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor