PENGARUH MODAL INTELEKTUAL, BIAYA PROMOSI, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN DALAM MEMPENGARUHI PROFIT SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Susanti Widhiastuti, Rama Satrya Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual (IC), biaya promosi, dan perputaran persediaan (ITO) terhadap profit (ROA) serta implikasinya terhadap nilai perusahaan (PER). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pada Sektor Industri Manufaktur Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 dengan jumlah 42 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan  sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 18 perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research tipe kausal yang berupaya menguji pengaruh antar variabel dalam sebuah model struktural.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal intelektual berpengaruh terhadap profit perusahaan tetapi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Biaya promosi tidak berpengaruh terhadap profit dan nilai perusahaan. Perputaran persediaan tidak berpengaruh terhadap profit tetapi berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Modal Intelektual, Biaya Promosi, Perputaran Persediaan, Profit, Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adawiyah, F. 2013. Analisis Pengaruh Current Ratio, DER, ITO dan ROA terhadap PER pada Perusahaan Consumer Goods yang terdapat di BEI Periode 2010 – 2012, Tangerang: Universitas Bina Nusantara.

Agustina, W., N. K. Sinarwati, dan G. A. Yuniarta. 2015. Pengaruh Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan. e-journal Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

American Marketing Association. 2015. Definition of Marketing. Retrieved from American Marketing Association.

Amri, A dan R. M. Daud. 2008. Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Telaah Riset Akuntansi, Vol.1. Daerah Istimewa Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Asteria, B. 2016. Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio pada Perusahaan LQ 45, Jurnal Riset Manajemen, Vol.3. Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.

Bentoen, S. 2012, Pengaruh Intellectual Capital terhadap Financial Performance, Growth, dan Market Value. Surabaya: Program Study Akuntansi, Universitas Pelita Harapan.

Danial. 2014. Pengaruh ROA, DPR dan Size Perusahaan terhadap PER pada Perusahaan Aneka Industri dan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2012. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Fadilah, N., E. Ghani, dan E. Amaniyah. 2017. Pengaruh Quick Ratio, Inventory Turn Over dan Debt to Equity Ratio terhadap Rentabilitas pada Perusahaan Kabel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Madura: Universitas Trunojoyo.

Fahmi, I. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan 1. Bandung: Alfabeta.

Fauzi, Achmad. 2016. Analisis Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. Jakarta: Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hartini, Y. 2017. Pengaruh Current Ratio, Inventory Turn Over, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Asset pada Perusahaan Manufaktur Tekstil dan Garment yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2016. Batam: Akademi Akuntansi Permata Harapan.

Ikhsan, A. 2008. Akuntansi Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu,

Irawati, S. 2006. Manajemen Keuangan. Bandung: Pustaka.

Iskarisma, E, 2017. Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turn Over, Inventory Turn Over, Debt to Equity Ratio, dan Umur Perusahaan terhadap Return on Asset pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di BEI Periode 2011 – 2015. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Jogiyanto, H. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 7. Yogyakarta: BPFE.

Jones, C.P. 2000. Investment Analysis and Management, Edisi 7. New York: John Wiley and Sons Inc.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P dan K. L. Keller. 2006. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Bob Sadran. Jakarta: Erlangga.

Kridasusila, A dan W. Rachmawati. 2016. Analisis Pengaruh Current Ratio, Inventory Turn Over, dan Debt to Equity Ratio pada Perusahaan Otomotif dan Produk Komponennya pada Bursa Efek Indonesia 2010 – 2013. Jurnal Dinamika Sosial dan Budaya, Vol. 18, No. 1.

Mandasari, P. 2016. Pengaruh DPR, DER, dan ROA terhadap PER pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI. Jurnal Profita, Edisi ke Tujuh, Yogyakarta: Program Study Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mariana dan S. E. Hatane. 2015. Pengaruh Aktivitas Pemasaran terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Perusahaan Makanan, Minuman, dan Rokok, Business Accounting Review, Vol. 3. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Ongkowibowo, D. T dan S. E. Hatane. 2015. Pengaruh Marketing Activity terhadap Profitabilitas dan Market Value Perusahaan Retail dan Produksi Besar. Business Accounting Reviewi Vol. 3. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Pulic, A. 2008. The Principles of Intellectual Capital Efficiency. Zargeb: Croatian Intellectual Capital Center.

Purwani, H. 2013. Pengaruh Current Ratio, Inventory Turn Over, Rasio Utang, dan Return on Equity terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2011. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, M. F dan I. Yunita. 2013. Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Inventory Turn Over, dan Return on Asset terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan Industri Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009 – 2013. Bandung: Universitas Telkom.

Rahmanita, M. 2017. Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Intervening. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri.

Sari, V dan I. G. A. N. Budiasih. 2014. Pengaruh Debt to Equity Ratio, Firm Size, Inventory Turn Over, dan Asset Turn Over terhadap Profitabilitas. Denpasar: Universitas Udayana.

Sartono, A. 2010. Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi, Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Serenia, S dan S. E. Hatane. 2015. Pengaruh Kegiatan Marketing terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Business Accounting Review, Vol. 3. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Sitepu, D dan Linda. 2013. Analisa Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Medan: STIE Mikroskil.

Sobel, M. E. 1982. Asymptotic Confidence Interval for Indirect Effect in Structural Equation Model, Sociological Methodology. John Wiley and Sons.

Supriyadi A. 2015. Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Inventory Turn Over, Return on Asset, dan Return on Equity terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan Manufaktur di Bidang Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Wijaya, L. V dan L. T. Tjun. 2017. Pengaruh Cash Turn Over, Receivable Turn Over, dan Inventory Turn Over terhadap Return on Asset pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013 – 2015. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Yans, S. 2012. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan. Bandar Lampung: Program Studi Akuntansi Universitas Lampung.

Zulfiani, I. 2016. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas dan Nilai Pasar pada Perusahaan yang Tercatat di Jakarta Islamic Index Tahun 2012 - 2014. Yogyakarta: Program Studi Keuangan Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Zurnali, C. 2010. Learning Organization, Competency, Organizational Commitment, and Customer Orientation : Knowledge Worker – Kerangka Riset Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Depan. Bandung: Unpad Press.

https://www.idx.co.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i2.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor