KEPUTUSAN PEMBELIAN PERITEL YANG DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PRODUK, KESESUAIAN HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN

Hery Margono, Kurniawansyah M, Mursida Kusuma Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kesesuaian harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian peritel di PT. Kurnia Indah Sukses (KIS). Dimana variabel independen yaitu kualitas produk (X1), kesesuian harga (X2), dan kualitas pelayanan (X3) mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya.

Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan. Sampel diambil sebanyak 75 orang responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dengan   pendekatan Accidental Sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan siapa saja yang ditemui secara kebetulan sebagai  sampel. Analisis data dengan regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dilakukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. Semakin baik kesesuaian harga akan menaikkan keputusan pembelian. Hasil pengujian pengaruh pelayanan terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan positif yang berarti bahwa semakin baik pelayanan akan menaikkan keputusan pembelian. Nilai probabilitas (p) sebesar 0,1 produk memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di PT. Kurnia Indah Sukses (KIS). Hal ini menunjukkan bahwa alasan utama keputusan konsumen untuk melakukan pembelian di KIS adalah persepsi mereka tentang kualitas produk yang berarti tidak ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kesesuian Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adi, Daniel Okki Rizki Kesuma, dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk CKE Teknik Semarang. Journal of Management, Vol. 4 No. 4.

Arumsari, Dheany dan Imroatul Khasanah. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Semarang: Universitas Diponegoro.

Azwar, Syaifuddin. 2007. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baedowi ZA, Mohammad Maftuh dan Eisha Lataruva. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kesesuaian Harga, dan Intensitas Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Merek Rokok Djarum Super (Studi Kasus pada Konsumen Rokok Djarum Super di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, Vol. 1 No. 4: 254-261.

Cahyo, Ahcmad Nur. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Kesesuaian Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Laptop Maupun PC Lenovo (Studi pada CV Yestoya Abadi). Jurnal Penelitian Manajemen.

Gotomo, Edward dan Alexander Wahyudi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Pochette. Jurnal Performa, Vol. 2 No. 2: 221-227.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Operation Mangement. 7th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P dan Gary Amstrong. 2006. Principles of Marketing. Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P dan K. L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

_______. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Jilid 1. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

_______. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kristian, Denny dan Rita Widayanti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada Mahasiswa Kampus I Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16 No. 1: 45-58.

Kurniasari, Nova Dhita dan Suryono Budi Santosa. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang). Diponegoro Journal of Management, Vol. 2 No. 2: 352-363.

Munfarida, Rina Shoimatul. 2007. Pengaruh Harga, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Kosmetik Pond’s di Ratu Swalayan). Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Penerbit Universitas Brawijaya Press.

Schiffman, L.G dan Leslie L. Kanuk. 2007. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Prestice Hall.

Tedjakusuma, Ritawati, dkk. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Kotamadya Surabaya. Jurnal Penelitian Dinamika Social, Vol. 1 No. 3: 47-58.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Total Quality Mangement. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i2.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor