KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SITUS ON LINE TRAVELOKA DITINJAU DARI PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN
Abstract
Keputusan pembelian konsumen pada situs online Traveloka dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain persepsi harga dan kualitas pelayanan. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana keputusan pembelian pada situs online Traveloka ditinjau dari  persepsi harga dan kualitas pelayanan.
Penelitian dilakukan di Cibubur dengan mengambil 100 konsumen sebagai sampel penelitian dan dihitung menggunakan metode accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F dengan bantuan program SPSS ν.24.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Keputusan pembelian konsumen pada situs online Traveloka mempunyai pengaruh yang positif ditinjau dari persepsi harga. 2) Keputusan pembelian konsumen pada situs online Traveloka mempunyai arah yang positif ditinjau dari kualitas pelayanan. Â
Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan keputusan pembelian disarankan agar dilakukan upaya terus menerus selalu memperbaiki tentang persepsi harga dan kualitas pelayanan.
Â
Kata Kunci: Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Efendi, Dwi Andriya. 2017. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Warung Kopi D’Jaiz Kediri. Simki-Economic. Vol. 01 No. 09.
Fatmawati, A. N dan Soliha. E. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Hondaâ€. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Tahun 10, No. 1.
Hendra, D. 2018. Dari Jakarta Traveloka Menembus Pasar Regional. https://swa.co.id.
Ismayanti, Ika Putri. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Rumah Makan Soto Angkring Mas Boed di Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponergoro.
Kodu, S. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3:1251-1259.
Kotler, Philip dan K. L. Keller. 2012. Marketing Managemet. 14th Edition. London: Pearson Prentice Hall.
Mulyanto, Heru dan Wulandari, A. 2010. Penelitian: Metode dan Analisis, Semarang: CV. Agung.
Priyanto, David. 2013. Analisis Antecedents Keputusan Pembelian. http://repository.uksw .edu/bitstream/123456789/3655/2/T1_212007116_Full%20text.pdf. Diakses pada 12 November 2016. Hal 7.
Romdonah, Rinda, dkk. 2015. Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus pada Konsumen Dealer Honda Pratama Kurnia Kasih). Jurnal Universitas Pandanaran. Vol. 1 No. 1.
Sangaji, E. M dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Sari, Hutami Permita. 2016. Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Tjiptono, Fandi dan Chandra Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
https://www.traveloka.com
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i2.223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor