PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENDAWA JAYA PUSAT AKSESORIS GADGET DAN ELEKTRONIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas (X2) mempengaruhi kepuasan konsumen (Y). Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada Pendawa Jaya Pusat Aksesoris Gadget dan Elektronik dengan responden sebanyak 60 konsumen. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dengan teknik accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan bantuan aplikasi program SPSS dengan taraf signifikan 0,05 dan pengujian hipotesis dengan uji-t dan uji-f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) yang ditujukan dengan nilai b1 = 0,363, nilai thitung = 3,367, dan sig. = 0,001. Variabel fasilitas (X2) juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) yang ditujukan dengan nilai b2 = 0,380, niai thitung = 3,335, dan sig. = 0,002. Kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas (X2) secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) yang ditunjukan dengan nilai Fhitung = 52,062, nilai sig. = 0,000, dan nilai koefisien determinan (R2) = 0,646. Hal ini memiliki arti bahwa 64,6% kepuasan konsumen (Y) dijelaskan oleh kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas (X2). Sedangkan sisanya sebesar 35,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
ÂÂ
Kata Kunci: Kualitas Produk, Pelayanan, KepuasanFull Text:
PDFReferences
Angipora, Marius P. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Engel, J. F, et al. 1990. Consumer Behavior. Chicago: The Dryden.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Mulyanto, Heru; Wulandari, Anna. 2010. Penelitian : Metode dan Analisis. Semarang : CV. Agung.
Rangkuti, Freddy. 2002. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sunarto. 2003. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: AMUS Yogyakarta dan CV. Ngeksigondo Utama.
Swastha. 1999. Asas-asas Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2001. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wilkie, W. L. 1990. Customer Behavior. New York: John Wiley & Sons, Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i2.21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor