ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI BEKASI | Meryati | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI BEKASI

Meryati Meryati, Titin Meidarti, Eka Giovana Asti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi SD ISLAM TERPADU BAITUL JIHAD Kemang Pratama 2, Bekasi dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. Berbagai usaha telah dilakukan melalui pelatihan dan peningkatan Guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan mutu manajemen Sekolah. Namun demikian mutu pendidikan pada SD ISLAM TERPADU BAITUL JIHAD Kemang Pratama 2, Bekasi belum menunjukkan peningkatan yang memadai.

Salah satu faktor lain yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan dan menarik untuk diteliti adalah budaya organisasi Sekolah, yang merupakan mekanisme pembuat makna dan kendali pembentuk sikap serta perilaku Guru. Selain itu, faktor motivasi kerja Guru juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan.

Populasi dan sekaligus juga sebagai sampel (responden) dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 orang Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang di isi oleh responden, kategori jawaban responden penelitian terhadap angket terdiri atas lima skala berdasarkan skala Likert. Pengujian statistik yang digunakan adalah dengan perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa dan analisa regresi. Data yang didapat diolah dengan bantuan menggunakan program SPSS.

Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil analisa data, ditemukan bahwa:  koefisien korelasi antara Budaya Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja Guru secara bersama-sama terhadap Mutu Pendidikan di SD ISLAM TERPADU BAITUL JIHAD Kemang Pratama 2, Bekasi, adalah positif dengan tingkat hubungan yang sangat kuat, yaitu sebesar 0,902 dan setelah diuji hipotesa dengan uji F korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Kemudian didapatkan hasil uji koefisien regresinya juga menunjukkan hubungan lurus dan positif dilihat dari kontribusi variabel Budaya Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan di SD ISLAM TERPADU BAITUL JIHAD Kemang Pratama 2, Bekasi, dengan persamaan regresi, yaitu:  Y = 13,191 + 0,314 X1 + 1,552 X2.

 

Kata Kunci :  Budaya Organisasi Sekolah , Motivasi Kerja Guru dan  Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


B. Suryosubroto, 2004, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta..

Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen. 2002, Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Konsep Dasar, Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah, Ditjen SLTP, Jakarta.

Edy Sutrisno, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana.

Gibson, James. L, dkk, 1993, Organisasi dan Manajemen; Perilaku, Struktur dan Proses Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hamalik, Oemar, 2003, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu SP, 1996. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani,2012, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (Edisi 12), Badan Penerbit Fakultas Ekonomi (BPFE-UGM), Yogyakarta.

J. Winardi, 2014, Motivasi dan Pemotivasi dalam Manajemen, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Silalahi, Bennett, Corporate Culture & Performance Appraisal, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LPMI, Jakarta.

Siagian P. Sondang, 2005, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tim Redaksi Fokusmedia, Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKDAS (Sistem Pendidikan Nasional), 2003, Bandung: Fokusmedia.

Tisnawati Sule, Ernie dan Kurniawan Saefullah, 2014, Pengantar Manajemen, Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wibowo, 2010 , Budaya Organisasi : Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang, Edisi Pertama, Rajawali Pers, Jakarta.

Wirawan, 2007, Budaya dan Iklim Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor