https://bpprd.musirawaskab.go.id/logo/dana/ https://bpprd.musirawaskab.go.id/demo/ https://media.iass.or.id/ https://sipet.gunungmaskab.go.id/thailand/ https://pena.kalteng.go.id/public/fontawsome/s2024pulsa/ https://ict2u.polije.ac.id/uploads/pemilu/demo/ https://dukcapil.wajokab.go.id/demo/ https://ict2u.polije.ac.id/fonts/thailand/ https://event.umj.ac.id/files/sloy-gacor/ https://event.umj.ac.id/foto_berita/demo/
FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN NASABAH PADA BANK BUKOPIN | Handayani | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN NASABAH PADA BANK BUKOPIN

Esti Handayani, Elisa Indriani

Abstract


Kualitas pelayanan dan  Kulitas produk  merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan nasabah.

Penelitian dilakukan di Bank Bukopin Bekasi dengan mengambil 134 responden sebagai sampel penelitian dari  populasi adalah nasabah pada setiap bulannya yang bertransaksi. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi.

Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil penelitian  bahwa, 1) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dengan arah positif; 2) Kulitas Produk memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dengan arah positif.

 Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan nasabah disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki kualitas pelayanan dan selalu memperhatikan inovasi produk.

 

Kata kunci: Kualitas pelayanan, produk dan kepuasan nasabah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Tantri(2012) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Heru Mulyanto dan Anna Wulandari, 2010, Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV.Agung

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13th Editi). Pearson Education International.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Parasuraman et al. (1988). SERVQUAL: A MultipleItem Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, 64(1).

Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. (1996). The Behavioral Consequences of

Rangkuti (2016). Customer Care Excellence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Shinta, M.P (2014). Manajemen Pemasaran. Malang : Universitas Brawijaya Press (UB Press) Vol 11, No 1 (2009)

Zeithaml, V., Bitner, M., & Gremler, D. (2006). Services Marketing. Integrating Customer Focus Across the Firm (4th ed.). Singapore: McGrawHill International Edition.

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 11, No 1 (2009) hal 46-58, ISSN 2338-8234.

Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 2 April 2012 : 181-200

Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 9, No. 2, Oktober 2015, ISSN 1907-235X, doi: 10.9744/pemasaran.9.2.71-77

Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 11, No. 2, Oktober 2017, ISSN 1907-235X, doi: 10.9744/pemasaran. 11.2.54?60




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i1.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor