PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV ACTION SERIBU BERKAT | Parodoran | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV ACTION SERIBU BERKAT

Yosefa Deang Saulina Parodoran, Rasipan Rasipan, Ergo Nurpatria Kurniawan

Abstract


Kompensasi dan Motivasi merupakan dua dari beberapa faktor yang mengindikasikan ada nya pengaruh besar dalam mempengaruhi kinerja karyawan di CV Action Seribu Berkat. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap kinerja karywan di CV Action Seribu Berkat.

Penelitian dilakukan di CV Action Seribu Berkat dengan mengambil 38 pegawai sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F.

Penelitian menghasilkan empat temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kompensasi memiliki pengaruh terhadap Kinerja Karywan dengan arah positif; 2) Motivasi memiliki pengaruh terhadap Kinerja Karyawan dengan arah positif

Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan Kinerja Karyawan disarankan agar dilakukan upaya peningkatan Kompensasi dan memberikan Motivasi secara berkelanjutan.

 

Kata kunci : Kompensasi, Motivasi, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Agiel Puji Damayanti, Susilaningsih, Sri Sumaryati. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi 2(1), pp:155-168.

Alan, Webb. 2010. Factors Affecting Goal Difficulty and Performance When Employees Select Their Own Performance Goals: Evidence from the Field. Journal of Management Accounting Research. 22(1), pp: 209-232.

Anoki, H Dito, 2010, ‘Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT, Slamet Langgeng Purbalingga Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, (Online),(http://eprints.undip.ac.id/23253/1/Lengkap.pdf, diakses 29 September).

Ardana, Komang, Ni Wayan Mujiati, I Wayan Mudiartha Utama. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Devi, Eva Kris Diana. 2009. Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Outsourcing PT Semeru Karya Buana Semarang). Tesis. (diakses 7 Februari 2012.

Handako, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, BPFE, Universitas GajahMada, Yogyakarta.

Hasibuan, Melayu SP. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Jusni.2010.’’Analisis Kinerja Karyawan Pemasaran dan Pengaruhnya terhadap Kompensasi, Kepuasan Kerja dan Kepuasan Konsumen pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Kota Makasar’’. ANALISIS, Maret 2008,hal: 39-52

Koesmono, Teman. 2015 Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Lund, Daulatram B., 2013, Organizational Culture and Job Satisfaction, Journal of Business & Industrial Marketing.

Mangkunegara, AA Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

-----------------------------------------. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Refika Aditama. Bandung

---------------------------------------,2005. Perilaku dan Budaya Organisasi.Refika Aditama.Bandung

Martoyo Susilo. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Mulyadi. 1998. Total Quality Management, Edisi I, AdityaMedia, Yogyakarta.

Murty Windy Aprilia., Hundiwinarsih Gunasti. 2012. Pengaruh kompensasi, motivasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Surabaya). Jurnal The Indonesian Accounting Review, 2(2), pp: 215-228




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i1.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor