ANALISIS BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK MOTOR PIAGGIO VESPA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT META DWIGUNA TRANSCORP

Eswanto Sugeng Rahayu, Feni Fathonah

Abstract


Brand Image dan Kualitas Produk menjadi faktor yang penting dalam menentukan minat beli dan dampaknya pada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk  : 1). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen. 2). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen. 3). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. 4). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. 5). Untuk mengetahui pengaruh minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 6). Untuk mengetahui pengaruh brand image melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 7). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan.

 Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan PT Meta Dwiguna Transcorp dengan jumlah sampel yang dihitung dengan rumus rumus Lemeshow sehingga didapatkan sebanyak 100 orang.  Data yang sudah ditabulasikan diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji analisis data menggunakan uji regresi dan analisis jalur untuk menentukan pengaruh langsung dan tidak langsung.

Hasil analisis dan pembahasan menghasilkan persamaan analisis jalur sebagai berikut : Y = 0.356X1 + 0.410X2 + 0.796  dan  Z= 0.331X1 + 0.192X2 + 0.233Y + 0,807  Kesimpulan yang diperoleh yaitu : brand image berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara brand image terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Minat beli konsumen dapat dikatakan sebagai intervening karena memberikan nilai positif yang dapat menguatkan variable brand image dan loyalitas pelanggan. Brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen sebesar 8,3%, Variable kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen yaitu sebesar 9,6%,

 

Kata kunci : Brand Image, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Assael, Consumer Behavior, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2002

Basu Swastha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2005

Budiyono & Bernard, N.M., Studi Mengenai Pengembangan Strategi Produk. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 3(2) : 181-194, 2004

Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak, Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset, Ekuisitas dan Perilaku Merek, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta : Andi, 2006

Griffin, Jill, Customer Loyalty, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002.

Jonathan Sarwono, Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta : Andi Offset, 2007

Kotler, P. & Keller, K.L., Marketing Management 12th edition. New Jersey: Pearson Education, 2006

Kurniawati, Puji, “Pengaruh Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda†Semarang. 2009

Lutiary Eka Ratri. Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 2007

Mulyanto, Heru; Wulandari, Anna. 2010. Penelitian : Metode dan Analisis. Semarang : CV. Agung.

Riduwan, dan Engkos,A., Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur, Bandung:Penerbit Alfabeta, 2007

Schiffman & Kanuk, Perilaku Konsumen (edisi 7), Jakarta : Prentice Hall, 2007

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2010

Tutut, Ratna, “Pengaruh Brand image terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Iphone†Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, 2011

Widodo, Okky Wenkyca, â€Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada 123 Design and Photography di Semaranâ€, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor