ANALISIS BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK MOTOR PIAGGIO VESPA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT META DWIGUNA TRANSCORP
Abstract
Brand Image dan Kualitas Produk menjadi faktor yang penting dalam menentukan minat beli dan dampaknya pada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen. 2). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen. 3). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. 4). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. 5). Untuk mengetahui pengaruh minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 6). Untuk mengetahui pengaruh brand image melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 7). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan.
 Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan PT Meta Dwiguna Transcorp dengan jumlah sampel yang dihitung dengan rumus rumus Lemeshow sehingga didapatkan sebanyak 100 orang. Data yang sudah ditabulasikan diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji analisis data menggunakan uji regresi dan analisis jalur untuk menentukan pengaruh langsung dan tidak langsung.
Hasil analisis dan pembahasan menghasilkan persamaan analisis jalur sebagai berikut : Y = 0.356X1 + 0.410X2 + 0.796 dan Z= 0.331X1 + 0.192X2 + 0.233Y + 0,807 Kesimpulan yang diperoleh yaitu : brand image berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara brand image terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Minat beli konsumen dapat dikatakan sebagai intervening karena memberikan nilai positif yang dapat menguatkan variable brand image dan loyalitas pelanggan. Brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen sebesar 8,3%, Variable kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen yaitu sebesar 9,6%,
ÂÂ
Kata kunci : Brand Image, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Loyalitas PelangganFull Text:
PDFReferences
Assael, Consumer Behavior, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2002
Basu Swastha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2005
Budiyono & Bernard, N.M., Studi Mengenai Pengembangan Strategi Produk. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 3(2) : 181-194, 2004
Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak, Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset, Ekuisitas dan Perilaku Merek, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004
Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta : Andi, 2006
Griffin, Jill, Customer Loyalty, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002.
Jonathan Sarwono, Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta : Andi Offset, 2007
Kotler, P. & Keller, K.L., Marketing Management 12th edition. New Jersey: Pearson Education, 2006
Kurniawati, Puji, “Pengaruh Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda†Semarang. 2009
Lutiary Eka Ratri. Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 2007
Mulyanto, Heru; Wulandari, Anna. 2010. Penelitian : Metode dan Analisis. Semarang : CV. Agung.
Riduwan, dan Engkos,A., Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur, Bandung:Penerbit Alfabeta, 2007
Schiffman & Kanuk, Perilaku Konsumen (edisi 7), Jakarta : Prentice Hall, 2007
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2010
Tutut, Ratna, “Pengaruh Brand image terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Iphone†Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, 2011
Widodo, Okky Wenkyca, â€ÂAnalisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada 123 Design and Photography di Semaranâ€Â, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i2.19
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor