CITRA MEREK DAN KEPUASAAN KONSUMEN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. KABEL METAL INDONESIA DI JAKARTA

Mursida Kusuma Wardhani, David Fajri

Abstract


Membuat konsumen menjadi loyal kepada jenis usaha yang dilakukan membutuhkan elemen-elemen penunjang yang mampu membuat konsumen mejadi puas akan produk dan merek yang dipasarkan. Faktor-faktor yang menyebabkan loyalitas konsumen dapat meningkat ataupun menurun diantaranya adalah citra merek dan kepuasaan konsumen. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah :  1. Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen, 2. Untuk mengetahui pengaruh kepuasaan konsumen terhadap loyalitas konsumen. 3. Untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kepuasaan konsumen terhadap loyalitas konsumen.

Populasi dari penelitian ini adalah konsumen PT. Kabel Metal Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Uji analisis data menggunakan uji regresi untuk menentukan persamaan regresi serta menguji hipotesis penelitian untuk menentukan sinigfikansi dari pengaruh antara  variabel independen terhadap variabel dependen.

Penelitian ini menghasilkan persamaan Y =  7.146 + 0.461 X1 + 0.242 X2. Sehingga citra merek dan kepuasan konsumen memberikan kontribusi sebesar 0.416 satuan dan 0,242 satuan terhadap loyalitas konsumen. Hasil uji hipotesis citra merek terhadap loyalitas konsumen memberikan nilai sig. pada uji t sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima. Selanjutnya kepuasan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sig 0.014 < 0.05 berati memberikan pengaruh signifikan. Kesimpulan bahwa secara signifikan citra merek dan kepuasan konsumen denagn hasil uji hipotesis memberikan nilai sig. pada uji F sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa secara signifikan citra merek dan kepuasan konsumen secara bersama berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

 

Kata kunci : Citra Merek, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Andi M. Sadat. 2009. Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Angling Laraswaty Kemuning. 2010. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Air Mineral Aqua. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana.

Anonym, 2012, Top Brand Award, http://www.topbrand-award.com/top-brandsurvey/survey-result/top-brand-result-2012/# diakses pada tanggal 3 April 2015 pukul 23.53

Eva Sheilla Rahma. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Brand Equity dan Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fajrianthi Zatul Farrah. 2005. Strategi Perluasan Merek dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Insan Vol. 7, 3:276-288.

Fitri Miladiyati Al’Azis. 2010. Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Ponsel Merek Nokia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Freddy Rangkuti. 2002. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Konsumen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hermawan Kartajaya. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran Hermawan Kartajaya: Dari Indonesia untuk Dunia; Redefinisi, Simplifikasi, dan Futurisasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. and Kervin Lane Keller 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I & II. PT. Indeks, PT Mancana Jaya Cermelang, Jakarta.

Lovelock, Christoper. 2006. Service Marketing and Management. Second Edition. Prentice Hall. New York.

Sudarmiatin, 2009. Model Perilaku Konsumen dalam Perspektif Teori dan Empiris pada Konsumen Pariwisata. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor